Cara Membuat Racun Tikus Alami Yang Mematikan

C
Cara Membuat Racun Tikus Alami Yang Mematikan

Tikus merupakan hewan pengerat yang juga dikenal sebagai hama yang sering kali merusak barang, mengotori rumah, bahkan dapat membawa penyakit. Untuk membasminya, Anda dapat menggunakan perangkap maupun racun tikus. Tahukah Anda, bahwa racun tikus dapat Anda buat sendiri menggunakan bahan-bahan alami?

Cara Membuat Racun Tikus Alami

Beberapa bahan alami berikut dapat Anda manfaatkan untuk membuat racun alami pembasmi tikus yang mematikan.

1. Umbi Gadung

Umbi gadung adalah tanaman dari golongan umbi-umbian. Tanaman ini dapat dikonsumsi namun mengandung racun yang mengakibatkan rasa pusing dan muntah jika pengolahannya kurang tepat. Umbi gadung mengandung senyawa sianida yang sangat beracun. Sianida dalam tubuh tikus dapat menyerang sistem pernapasan dan sistem saraf tikus.

Langkah pembuatan racun tikus menggunakan umbi gadung:

  1. Siapkan 1 kg umbi gadung, 1 ons ikan asin yang telah disangrai, 5 buah kemiri yang sudah disangrai, dan air secukupnya. Ikan asin digunakan sebagai makanan umpan untuk menarik perhatian tikus.
  2. Bersihkan semua bahan kemudian tumbuk halus umbi gadung, ikan asin dan kemiri dan campurkan dengan air secukupnya hingga rata.
  3. Jika adonan sudah siap, bentuklah adonan menjadi kotak-kotak kecil dan keringkan adonan tanpa terkena sinar matahari langsung.
  4. Setelah kering, racun tikus siap digunakan. Sebaiknya umpan ini diletakkan di sekitar jalur yang sering dilalui oleh tikus. Lakukan terus hingga jumlah tikus berkurang.

Baca juga: Apakah Efektif Menanam Tanaman Pengusir Tikus? Ini Hal Yang Perlu Anda Perhatikan!

2. Daun Tembakau

Daun tembakau memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk membasmi tikus. Kadar yang tinggi pada daun tembakau mampu mengendalikan hama terutama pada tanaman. Siapkan air sebanyak 500 ml dan 100 gr tembakau. Masukkan tembakau serta air ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Saring larutan yang sudah jadi tersebut untuk mendapatkan ekstrak tembakau. Pestisida dari tembakau ini dapat terlihat hasilnya setelah 6 jam pengaplikasian.

3. Biji Jarak

Salah satu alasan mengapa biji jarak dapat dijadikan bahan pembuat racun tikus adalah karena pada biji jarak terkandung bahan aktif ricin. Bahan aktif ini dapat menyebabkan keracunan melalui pernapasan dan pencernaan. Biji jarak bekerja sebagai racun pada perut tikus dan dapat menyebar ke sistem saraf tikus. Berikut langkah membuat racun tikus dari biji jarak:

  1. Bersihkan biji jarak dan blender halus.
  2. Panaskan gula merah atau gula pasir dan parafin wax hingga berbentuk seperti karamel dan campurkan kembali dengan biji jarak yang sudah diblender halus.
  3. Panaskan selama 25 menit dan masukkan kedalam cetakan untuk didiamkan selama 1 jam. Jika sudah, adonan ini siap dijadikan umpan racun tikus.

4. Babadotan

Babadotan atau Ageratum conyzoides memiliki senyawa aktif saponin, flavonoid, polifenol, dan antifeedant yang mampu menyebabkan gangguan aktivitas makan pada tikus. Untuk membuat racun tikus dari babadotan, Anda perlu menyiapkan ½ kg daun babadotan, 1 L air , dan 1 gr deterjen atau sabun. Selanjutnya, daun babadotan dirajang halus dan rendam dengan 1 L air selama 24 jam kemudian Anda dapat menyaringnya serta menambahkan deterjen.  Setelah larutan ini siap, Anda dapat langsung menyemprotkannya ke area yang dilalui oleh tikus setiap pagi dan sore hari hingga tidak lagi terlihat tikus berkeliaran di tempat Anda.

5. Pepaya

Mengkonsumsi buah pepaya sudah terbukti memiliki banyak manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Tetapi selain untuk dikonsumsi, pepaya dapat Anda gunakan untuk membuat racun tikus. Buah pepaya tua memiliki bahan aktif papain yang mampu mengendalikan tikus. Menjadikan buah pepaya sebagai racun tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan buah pepaya tua yang belum matang. Kupas dan potong kecil buah pepaya agar mudah untuk dijadikan umpan pada tikus. Kemudian letakkan potongan buah pepaya pada tempat yang biasa dilalui tikus.

6. Buah Mengkudu

Buah mengkudu sangat terkenal dengan aroma dan rasanya yang menyengat. Kedua hal ini ternyata juga tidak disukai oleh tikus sehingga bisa menjadi bahan untuk membuat racun tikus. Buah mengkudu mengandung asam kaproat yang dapat berbahaya bagi tikus. Ternyata membuat racun tikus dengan buah mengkudu sangatlah mudah. Buah mengkudu dipotong dadu hingga menjadi beberapa bagian. Letakkan potongan buah mengkudu tersebut di sudut rumah yang menjadi tempat bersarang tikus.

7. Umbi Singkong

Umumnya umbi singkong dimanfaatkan sebagai makanan seperti kudapan dan gorengan. Ternyata umbi singkong yang direbus bisa digunakan untuk mengendalikan hama tikus. Rebus potongan singkong dan air kelapa hingga matang. Setelah selesai, dinginkan beberapa saat hingga nantinya potongan singkong tersebut dapat diletakkan pada area yang dilalui tikus.

Cara ini memang tidak dapat langsung membunuh tikus, namun dapat menurunkan nafsu makan tikus hingga akhirnya tikus akan mati.

Kelebihan & Kekurangan Racun Tikus Alami

Membasmi tikus dengan perangkap tikus ataupun racun tikus memang sangat efektif, namun kebanyakan racun tikus yang dijual di pasaran kurang mencakup seluruh jenis tikus dan lebih berfokus untuk tikus sawah saja. Selain itu, racun tikus yang ada di pasaran cukup berbahaya untuk kesehatan karena mengandung senyawa kimia yang beracun. Dengan membuat racun tikus alami, tentunya ini akan lebih aman dan bahan-bahan yang digunakan mudah untuk didapatkan. Hanya saja, membasmi tikus dengan racun alami membutuhkan beberapa waktu dan perlu dilakukan selama beberapa kali hingga tikus mati atau pergi.

Baca juga: Bau Apa yang Tidak Disukai Tikus?

Apakah Racun Tikus Alami Efektif?

Racun tikus alami sudah terbukti efektif untuk mengusir dan membasmi tikus. Memang beberapa bahan alami memerlukan waktu beberapa lama untuk akhirnya dapat membunuh tikus. Biasanya umpan racun alami akan menurunkan nafsu makan tikus dan menurunkan bobot badan tikus hingga akhirnya mati.


Referensi:

Dian Yustisia. Efek Beberapa Ekstrak Tanaman Terhadap Hama Tikus Sawah (Rattus Argiventer)

Cybex Pertanian. Pembuatan Pestisida Nabati Umbi Gadung Sebagai Racun Tikus Sawah

Waryana Aji. Mengolah Biji Jarak Menjadi Pestisida Nabati Pengusir Hama Ulat

Cybex Pertanian. Cara Pembuatan Pestisida Nabati Dari Tembakau

Cybex Pertanian. Pengendalian Hama Tikus Sawah dengan Menggunakan Pestisida Nabati

Cybex Pertanian. Racun Tikus “Singkong Direbus dengan Menggunakan Air Kelapa”

Wiwin Setiawati, Rini Murtiningsih, Neni Gunaeni, dan Tati Rubiat. Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati Dan Cara Pembuatannya Untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe