Tikus Sering Lolos dari Jebakan? Perhatikan 5 Hal Berikut Saat Memasang Perangkap Tikus

T
Tikus Sering Lolos dari Jebakan? Perhatikan 5 Hal Berikut Saat Memasang Perangkap Tikus

Cara memasang perangkap tikus yang benar! Tikus adalah binatang yang pandai dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Dengan demikian, sudah barang tentu tikus telah menghafal setiap sudut area tempat ia mencari makanan serta membangun sarang.

Maka tak heran, mereka akan sebisa mungkin untuk menghindar apabila ada benda asing di wilayah nya, termasuk jebakan yang Anda pasang,

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa memasang perangkap tikus memang sedikit tricky dan membutuhkan keahlian di dalamnya, sehingga jebakan yang telah Anda beli dengan harga mahal ini dapat bekerja dengan baik.

Namun sayangnya, hampir setiap pemilik rumah dan orang-orang awam melakukan sebuah kesalahan, baik sebelum maupun sesudah memasang jebakan tikus.

Kesalahan-kesalahan ini yang menjadi penyebab utama mengapa sering kali jebakan yang telah Anda pasang, gagal menangkap hewan pengerat tersebut.

Baca juga: Ini 3 Jenis Perangkap Tikus Sederhana untuk Membasmi Tikus Rumah

Lalu, apa saja kesalahan-kesalahan umum yang sering Anda lakukan tanpa sadar dalam memasang perangkap tikus?

1. Cuci perangkap dengan air panas/sabun

Tikus adalah hewan pengerat yang mengandalkan indra penciumannya untuk mendeteksi segala jenis aroma, mulai dari makanan, kehadiran tikus lain, hingga tikus yang telah mati.

Tikus yang terjebak dan mati pada jebakan sebelumnya, akan meninggalkan aroma yang khas dan dapat dicium oleh tikus lain.

Hal tersebut merupakan tanda bahaya bagi mereka dan umumnya mereka tidak akan mendekati wilayah tersebut.

Inilahlah sebabnya mengapa Anda harus mencuci perangkap yang telah terpakai sebelumnya, untuk menghilangkan aroma tikus yang telah mati.

Disamping agar tidak terdeteksi dengan tikus lain, mencuci perangkap menggunakan air panas dan sabun antiseptik juga dapat membunuh virus, bakteri, dan kuman yang terbawa oleh tikus yang sangat berbahaya untuk manusia.

2. Umpan harus menarik tikus

Kesalahan orang awam yang sering dilakukan adalah pemberian umpan tikus yang kurang tepat atau bahkan tidak menggunakan umpan sama sekali.

Umpan yang kurang tepat tidak mampu menarik perhatian mereka untuk keluar dari tempat persembunyian. Juga, tak menggunakan umpan bukanlah langkah yang bijak untuk Anda lakukan.

Tikus memiliki selera makan yang berbeda sesuai dengan lokasi yang ia diami. Dengan begitu, tidak semua jenis makanan dapat Anda jadikan umpan untuk menarik perhatian indra penciumannya.
Anda harus mengetahui apa yang menjadi makanan kesukaanya dengan memeriksa bahan makanan apa saja yang sering ia makan pada area dapur.

Setelah mengetahui makanan favorit nya, barulah Anda dapat memasang makanan tersebut sebagai umpan untuk diletakkan di dalam jebakan.

3. Meletakkan perangkap harus di run away tikus

Umumnya, tikus hidup di dalam selokan yang gelap, lembab, dan jauh dari predator alaminya. Mereka sangat suka dengan tempat yang sukar cahaya karena hal itu yang membuatnya merasa aman.

Memasang jebakan tepat di tengah ruangan dalam rumah tidak akan banyak membantu untuk menangkap tikus yang membandel.

Ini jugalah yang menjadi salah satu penyebab mengapa Anda kesulitan dalam menangkap hewan pengerat tersebut.

Agar jebakan Anda berhasil, alokasikan jebakan di area yang sering dilalui oleh tikus atau yang disebut dengan run away, seperti seperti di bawah kompor, belakang kabinet, atau pojokan bawah dinding.

4. Meletakkan perangkap yang berganti tempat

Di samping Anda memerlukan taktik dalam menangkap tikus, Anda juga memerlukan sebuah kesabaran untuk menunggu mereka masuk ke dalam jebakan.

Sebelumnya, telah disinggung di atas bahwa tikus mampu mendeteksi adanya perubahan di lingkungan sekitarnya.

Adanya sedikit perubahan membuat mereka khawatir untuk keluar dan akan mencari jalan lain untuk menuju sumber makanannya.

Cobalah untuk memasang sejumlah perangkap tikus di beberapa titik run away dalam rumah dan usahakan untuk tidak memindahkannya. Dengan cara ini, besar kemungkinan tikus akan tertarik dan terjebak.

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Alami Yang Mematikan

5. Pemeriksaan perangkap secara berkala

Pemeriksaan secara berkala perlu Anda lakukan untuk mengetahui serta mengevaluasi, apakah umpan yang Anda pasang cukup menarik perhatian tikus atau tidak.

Melakukan pemeriksaan secara berkala juga berfungsi untuk mengetahui apakah ada tikus yang terjebak atau tidak, sehingga saat tikus berhasil masuk perangkap, Anda bisa langsung membuang nya sebelum menimbulkan bau yang tak sedap.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe