Apakah Efektif Menanam Tanaman Pengusir Tikus? Ini Hal Yang Perlu Anda Perhatikan!

A
Apakah Efektif Menanam Tanaman Pengusir Tikus? Ini Hal Yang Perlu Anda Perhatikan!

Jika Anda mencari di mesin pencarian, ada sekitar puluhan tanaman yang disebut mampu mengusir tikus. Serta membuatnya takut untuk masuk ke dalam area rumah.

Beberapa di antaranya mudah untuk ditanam dan lainnya membutuhkan perhatian lebih dalam perawatannya.

Adapun tanaman-tanaman seperti mengkudu, tikel balung, buah bintaro, sage, dan bahkan lavender disinyalir ampuh untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Hal tersebut disebabkan karena tanaman-tanaman di atas mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh tikus. Hal ini membuat mereka enggan dan bahkan takut untuk mendekat.

Namun apakah benar, bahwa hanya dengan menanam sejumlah tanaman tertentu mampu mengusir tikus dan membuatnya enggan untuk mendekati kediaman Anda? Berikut, fakta menarik tentang tanaman pengusir tikus yang perlu Anda ketahui.

Menanam tanaman untuk menghalau tikus

Anda mulai mempertanyakan kembali, apakah efektif menanam jenis tanaman tertentu di sekitar area rumah untuk mencegah kehadiran tikus atau tidak?

Tikus bekerja dengan menggunakan indra penciumannya yang sangat sensitif dengan aroma untuk mendeteksi makanan, zat kimia, hingga kehadiran tikus lain, termasuk aroma tanaman.

Secara teknis, apabila tikus menemukan jenis tanaman yang menimbulkan bau yang tak sedap. maka seharusnya ia akan pergi meninggalkan area tersebut.

Namun sayangnya, metode di atas tidak dapat digunakan berulang kali, sehingga Anda membutuhkan rencana cadangan untuk membasmi hewan pengerat tersebut.

Di samping itu, belum ada bukti yang kuat bahwa beberapa jenis tanaman tertentu dapat menghalau tikus untuk kedua kalinya atau dalam waktu jangka panjang.

Sebagai contoh, saat Anda menanam tikel balung di sekitar rumah. Indra penciuman tikus akan sedikit terganggu dan bahkan mengurungkan niatnya untuk masuk ke dalam rumah.

Perlu Anda ingat, bahwa tikus merupakan hewan yang memiliki kecerdasan yang tinggi. Lambat laun, ia akan terbiasa dengan kehadiran tumbuhan tikel balung tersebut. Tikus akan mencari jalan lain untuk masuk ke dalam rumah.

Dengan demikian, menanam tumbuhan pengusir tikus tidak akan menjamin bahwa nantinya tikus tidak akan memasuki area rumah lagi.

Baca juga: Bau Apa yang Tidak Disukai Tikus?

Mengapa menanam sejumlah tanaman pengusir tikus bukan ide yang tepat?

Selain beberapa alasan di atas, ada beberapa alasan lainnya mengapa Anda sebaiknya jangan berharap banyak pada tanaman pengusir tikus ini, diantaranya yaitu

  1. Beberapa tanaman di atas membutuhkan perhatian lebih serta menghabiskan banyak waktu dalam proses perawatannya.
  2. Di samping itu, akan lebih banyak pengeluaran yang harus Anda keluarkan untuk menjaga tanaman agar terhindar dari hama pengganggu selain tikus.
  3. Karena sifatnya yang tidak terlalu efektif untuk mencegah tikus, Anda tetap harus memasang jebakan     di jalur yang sering dilalui oleh hewan ordo rodentia itu.
  4. Jika Anda tidak cekatan, maka tanaman akan cepat layu dan mati.

Baca juga: Ini 3 Jenis Perangkap Tikus Sederhana untuk Membasmi Tikus Rumah

Langkah pencegahan

Tikus tidak akan tinggal diam begitu ia mengetahui ada sumber makanan dan air yang melimpah di dalam rumah Anda.

Mereka akan melakukan berbagai upaya untuk bisa menerobos masuk ke dalam rumah, serta mengambil sumber makanan yang ada. Dan bahkan, membuat sarang yang nyaman di dalam rumah.

Sebelum hal di atas terjadi, usaha pencegahan layak untuk Anda coba. Sehingga tikus memiliki peluang yang kecil untuk dapat masuk ke dalam rumah.

Adapun langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut,

  1. Tutup setiap lubang yang berpotensi sebagai akses keluar masuk tikus di dalam rumah Anda.
  2. Selalu jaga kebersihan rumah, terutama area tempat Anda memasak dan menyimpan bahan makanan.
  3. Perbaiki pipa air apabila terjadi kebocoran, karena air merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh tikus.
  4. Bersihkan kebun halaman Anda dengan memotong dedaunan dan rumput liar yang telah meninggi.

Kesimpulan

Hingga sekarang, masih sangat minim bukti yang didapat bahwa menggunakan jenis tanaman tertentu efektif untuk mencegah tikus masuk ke suatu rumah atau bangunan.

Hal yang bisa kita lakukan ialah melakukan langkah pencegahan Seperti memperbaiki pipa air yang bocor, rutin membersihkan area rumah, hingga menutup setiap lubang yang ada.

Namun, apabila tikus telah bersarang di dalam rumah, langkah bijak yang dapat Anda lakukan adalah memanggil pest control. Untuk mengusir hewan pengganggu tersebut.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe