jenis tawon di indonesia

Kenali Jenis Tawon di Indonesia, 4 Diantaranya Berbahaya Bagi Nyawa Manusia

Mengenal jenis tawon di Indonesia! Terdapat kurang lebih 75,000 spesies tawon yang tersebar di dunia. Dari banyaknya jumlah spesies tawon di atas, setidaknya ada 3  golongon  tawon yang umum Anda jumpai di Indonesia menurut bentuk sarangnya.

Beberapa diantaranya tidak berbahaya, namun ada juga yang mematikan dan harus Anda hindari. Apa saja spesies-spesies tawon tersebut? Berikut rangkumannya.

Hover wasp

(subfamili Stenogastrinae, dari bahasa Yunani steno ‘narrow’ dan gastēr
‘Perut’, juga dikenal sebagai tawon stenogastrine). Tawon jenis ini berukuran kecil hingga sedang dengan pinggang yang sangat tipis. Setiap koloni atau sarang hanya terdiri dari sedikit anggota. Jenis tawon ini umumnya membangun sarang di tempat yang tidak mengganggu.  Mereka hanya memiliki sengatan ringan, dan tidak agresif, lebih memilih lari daripada menyerang ketika diganggu. Dari semua tawon sosial bisa dibilang tawon jenis ini yang paling luput dari perhatian.

Jenis tawon di indonesia: Hover Wasp dan bentuk sarangnya
Hover Wasp dan bentuk sarangnya

Terkadang banyak orang yang keliru membedakan tawon jenis ini dengan lalat hoverflies.

Hoverflies adalah salah satu spesies lalat yang sering Anda temukan di taman ataupun di kebun belakang rumah. Serangga jenis ini terkadang disebut dengan hover wasp atau tawon hover karena warna tubuhnya yang mirip dengan tawon yang sekaligus menjadi alat pertahan diri dari para predatornya.

hover flies
Hover Flies

Kemunculan hoverflies ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, mengingat lalat dengan nama lain allograpta oblique ini mampu mengendalikan populasi kutu daun sebanyak 70% hingga 80%.

Walau julukannya adalah tawon hover, lalat jenis ini tidak memiliki penyengat layaknya lebah atau serangga, sehingga aman untuk didekati.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan antara Lebah dan Tawon

Paper Wasp

Paper wasp atau lebah kertas memiliki tubuh dengan warna yang kecoklatan dengan tanda berwarna kuning. Beberapa spesies lainnya memiliki tanda berwarna kemerahan.

jenis tawon yang ada di indonesia
Paper Wasp dan bentuk sarangnya

Paper wasp memiliki kemiripan dengan yellow jackets. Adapun yang membedakannya adalah paper waspmemiliki bentuk tubuh yang lebih ramping serta bagian bututnya yang lebih kecil daripada yellow jacket.

Sama seperti tawon spesies lainnya, paper wasp merupakan hewan berjenis omnivora yang suka memakan nektar, daging segar, hingga serangga.

Di samping itu, serangga dengan gaya hidup semi-sosial ini terkenal akan sikap agresif nya dan mampu menyengat binatang serta makhluk hidup lainnya berulang kali.

Baca juga: 6 Cara Jitu Mengusir Tawon Secara Alami di Rumah

Hornets

Hornets atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tabuhan adalah jenis tawon yang masuk ke dalam genus vespa.

Layaknya serangga penyengat pada umumnya, hornetskhususnya tipe pekerja akan menyengat berulang kali makhluk hidup yang berusaha untuk merusak sarangnya atau saat mereka terasa terancam.

Tawon genus vespa sangat mematikan dan bahkan harus dihindari oleh manusia. Setidaknya, terdapat 4 genus vespa berbahaya yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia yang perlu Anda ketahui, yaitu

1. Vespa affinis

Apakah Anda masih ingat dengan kasus di daerah Klaten, Jawa Tengah yang menewaskan dua orang akibat sengatan tawon?

Vesva affinis dan bentuk sarangnya
jenis tawon berbahaya di indonesia
Vesva affinis dan bentuk sarangnya

Tawon yang dimaksud dalam berita tersebut adalah tawon berjenis vespa affinis atau yang biasa disebut dengan tawon ndas.
Serangga yang memiliki panjang tubuh kurang lebih 30 mm ini umumnya tidak mematikan, namun berbahaya apabila menyengat manusia yang memiliki alergi terhadap racunnya.
Tawon ndas biasanya membangun sarang di tempat yang tinggi, seperti di atas pohon, ataupun di tempat yang rendah, seperti di dalam bangunan.  

2. Vespa tropica

Sama halnya dengan tawon ndas, vespa tropica umumnya memiliki ukuran tubuh kurang lebih 30 mm dengan warna tubuh kuning kecoklatan di bagian punggungnya.

Vespa Tropica dan bentuk sarangnya
jenis tawon berbahaya di indonesia
Vespa Tropica dan bentuk sarangnya

Anda tidak akan pernah melihat sarang vespa tropica ini tergantung di atas pohon atau tempat yang tinggi.
Mereka akan bersarang di bawah tanah atau dalam lubang pohon demi melindungi sarang dan koloninya dari serangan predator.

3. Vespa analis

Jenis tawon yang satu ini memiliki ciri khas yang cukup unik dan mudah bagi Anda untuk mengenalinya.

Vespa Analis dan bentuk sarangnya
jenis tawon berbahaya di indonesia
Vespa Analis dan bentuk sarangnya

Vespa analis memiliki warna tubuh gelap yang dikombinasikan dengan warna kuning cerah di bagian bututnya.
Diketahui, tawon yang senang membuat sarang di atas pohon ini memiliki ukuran tubuh berkisar antara 20 hingga 30 mm. Lumayan besar bukan?

4. Vespa velutina

Genus lebah terakhir yang cukup berbahaya bagi manusia adalah vespa velutina.
Jenis lebah yang satu ini memiliki panjang tubuh antara 20 mm hingga 30 mm dan termasuk salah satu kategori hama, mengingat ia memangsa larva dari lebah madu.

Vespa Velutina dan sarangnya
jenis tawon yang mengancam nyawa
Vespa Velutina dan sarangnya

Sama seperti vespa analis, vespa velutina kerap membuat sarangnya di tempat yang tinggi dengan tekstur sarang jauh lebih kasar.

Demikanlah jenis-jenis tawon yang umum ditemukan di Indonesia dan semoga bermanfaat.


Referensi:

David Mead, A Guide to Some Bees and Wasps of Indonesia

Amalia Zhahrina. Mengenal 4 Jenis Tawon Vespa di Indonesia yang Mengancam Nyawa

Jackie Carroll. Hover Fly Information: Plants That Attract Hover Flies To The Garden

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *