Cara Mengusir Lebah yang Ampuh!

C
Cara Mengusir Lebah yang Ampuh!

Masih bingung cara mengusir lebah di tempat-tempat tertentu? Meskipun lebah tidak seberapa bahaya, beberapa orang mengaku pernah disengat oleh hewan tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengusir lebah demi keamanan sekitar melalui cara berikut ini.

Beberapa Cara Mengusir Lebah dari Rumah Paling Ampuh

Jika sekitar tempat tinggal terdapat sarang lebah yang dapat menganggu keamanan, maka Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengusirnya, yaitu:

Pindahkan Sarangnya

Pada umumnya, lebah yang sangat mengganggu adalah sering berdiam di rumah tepatnya batang pohon. Cara mengusir lebah dari rumah pertama yaitu dengan memindahkan sarangnya. Jika kebetulan sarang lebah ada di dahan pohon, bisa langsung potong saja bagian tersebut.

Anda bisa gergaji dengan hati-hati dahan pohon yang menjadi sarang lebah tersebut. Setelah itu masukkan dalam karung. Buang atau setidaknya jauhkan dari area rumah Anda sehingga tidak akan ada kemungkinan kembali lagi.

Apabila Anda mau mencoba cara mengusir lebah yang ini, pastikan gunakan pelindung tubuh, terutama saat melakukan pemotongan. Sebab bisa jadi lebah-lebah tadi merasa terancam dan berakhir menyerang Anda.

Buat Perangkap Lebah

Adapun cara mengusir lebah madu lainnya adalah dengan membuatkannya perangkap. Ini bisa jadi alternatif jika cara sebelumnya dianggap terlalu beresiko. Anda hanya perlu menyediakan kawat kasa dan membentuknya hingga mirip kerucut.

Selanjutnya buat supaya bagian ujung kerucut punya diameter kecil. Sebaliknya, bagian bawahnya pasti besar. Bagian yang besar tadi letakkan pas di depan pintu masuk sarang lebah madu.

Dengan begitu, lebah madu dalam sarang bisa keluar. Namun, dijamin satu pun tidak akan ada yang bisa masuk kembali ke sarang. Cara mengusir lebah ini baru bisa menunjukkan hasil setelah 2 bulan.

Gunakan Sabun Dan Air

Cara mengusir lebah dari rumah selanjutnya adalah Anda bisa manfaatkan bahan-bahan alami. Misalnya saja campuran sabun dan air. Dengan larutan sabun dan air ini memungkinkan permukaan lilin pelindung sarang akan terlepas.

Sehingga pelan-pelan hewan tersebut mati. Caranya pun sangat mudah sekali, Anda hanya perlu mencampurkan sabun dan air dengan perbandingan 1:4 saja. Setelah itu kocok, tuang dalam botol semprotan dan aplikasikan pada sarang lebahnya.

Memanfaatkan Vacuum Cleaner

Biasanya, di dalam rumah tidak ditemukan sarang lebah. Melainkan hanya satu ekor lebah saja, dan itu cukup mengganggu. Kalau kasusnya seperti ini, lebah di dalam rumah sebetulnya dapat langsung diusir hanya dengan memanfaatkan vacuum cleaner.

Caranya sangat mudah sekali, Anda cukup nyalakan alat penyedot debu tersebut. Setelah itu, arahkan bagian ujung moncongnya langsung lebah. Ingat, jangan sekali-kali memukul lebah bagaimana pun keadaannya.

Sebab, setelah dipukul lebah akan mengeluarkan sejenis zat kimia alami. Itu adalah sebuah sinyal untuk memanggil para koloninya. Akan sangat berbahaya jika lebah tersebut justu didatangi oleh kawanannya.

Meletakkan Kayu Manis

Sebetulnya, lebah madu di rumah bisa langsung diusur dengan bahan-bahan kimia semacam pestisida. Hanya saja, jika Anda tidak menghendaki hal tersebut, ada juga bahan alami yang terbukti ampuh untuk mengusir lebah. Contohnya adalah manfaatkan kayu manis.

Salah satu bumbu dapur ini nyatanya punya efek mengusir lebah berikut sarangnya dengan sangat ampuh. Kayu manis dikenal memiliki aroma yang harum. Namun menariknya, aroma tersebut cenderung tidak disukai oleh kawanan lebah.

Bahkan, begitu mencium kayu manis di sekitar sarang, otomatis lebah akan langsung cari tempat baru. Cara mengusir lebah madu di rumah ini sangat recommended untuk dicoba. Anda hanya perlu menaburkan bubuk kayu manis pada sekitar sarang lebah, dan mereka tidak akan kembali.

Semprotkan Cuka

Selain kayu manis, ada bahan dapur lain yang dapat Anda manfaatkan untuk mengusir lebah yaitu cuka. Cuka merupakan bahan yang mudah ditemukan. Selain itu, bahan tersebut juga ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia beracun maupun insektisida.

Cara mengusir lebah madu pakai cuka sangat sederhana. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan cuka dengan seperempat air. Kocok larutan tersebut dan masukkan pada botol semprotan khusus.

Setelah itu, langsung semprotkan ke area sarang lebah. Anda juga dapat mengaplikasikannya ke lebah yang berkeliaran di rumah. Tunggu sampai berdiam di satu tempat, lalu buru-buru semprotkan ke hewan tersebut.

Menggunakan Kapur Barus

Kapur Barus juga termasuk bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir lebah di rumah. Anda tinggal gantungkan kapur barus di dekat sarang lebah. Pakai saja kaos kaki bekas, lalu isi dengan kapur barus supaya lebih mudah menggantungnya.

Manfaatkan Minuman Bersoda

Anda pun dapat menggunakan minuman bersoda untuk mengusir lebah. Tuang saja minuman bersoda di tempat yang jauh dari jangkauan manusia dan hewan. Aroma yang dikeluarkan oleh minuman bersoda tersebut akan menarik perhatian lebah.

Sehingga tidak akan butuh waktu lama, tempat minuman bersoda tadi akan didatangi oleh lebah. Biasanya setelah itu, lebah akan tenggelam dan mati dengan sendirinya.

Usir Dengan Bubuk Bawang Putih

Faktanya, lebah sangat tertarik dengan bau, atau aroma yang wangi. Hanya saja, lebah sangat tidak suka dengan bau menyengat seperti bawah putih. Anda bisa taburkan bubuk bawang putih di sekitar sarang lebah, untuk membuat hewan tersebut pergi.

Itu dia tadi beberapa cara mengusir lebah paling ampuh. Anda bisa mencobanya jika ada lebah atau sarangnya di sekitar rumah atau tempat tertentu yang sekiranya mengganggu.


Sumber:

https://cantik.tempo.co/read/1078579/tips-mengatasi-gangguan-lebah-dengan-5-bahan-alami

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/05/153224576/5-cara-hilangkan-sarang-lebah-di-rumah-secara-aman-dan-manusiawi?page=all

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengusir-lebah/

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

1 Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe