Bau Apa yang Tidak Disukai Tikus?

B
Bau Apa yang Tidak Disukai Tikus?

Tikus adalah salah satu hewan yang sangat sensitif dengan aroma. Indra penciumannya yang tajam, bahkan dapat membedakan berbagai macam wewangian dari jarak yang jauh.

Hal di atas dapat menjadi kesempatan Anda untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Salah satu langkah pencegahan yang dapat Anda aplikasikan adalah dengan menggunakan beberapa bahan dengan bau atau aroma yang kuat yang sangat dibenci oleh tikus.

Dengan adanya kehadiran bahan-bahan tersebut, indra penciumannya akan menjadi terganggu dan tikus akan sukar untuk masuk ke kediaman Anda.

Kenapa tikus sangat berbahaya bagi kediaman Anda?

Tikus merupakan salah satu binatang pengerat yang sangat jorok. Mereka dapat tinggal di lingkungan yang kotor sekalipun, seperti tong sampah, kamar mandi, dan tempat jorok lainnya selama dekat dengan sumber makanan, air, dan tempat bersarang.

Dengan begitu, tikus adalah perantara berbagai macam virus, kuman, dan bakteri yang sangat berbahaya dan mengancam kesehatan manusia.

Hantavirus, penyakit pes, LCM, rat bite fever (RBF), hingga leptospirosis adalah beberapa penyakit terkenal yang ditularkan oleh tikus ke manusia. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka dapat menyebabkan kematian.

Agar tikus tidak berani mendekatkan diri ke kediaman Anda, Berikut 5 bahan yang kerap kita jumpai sehari-hari yang ternyata efektif untuk mengusir tikus dari rumah.

Kapur barus

Kapur barus adalah salah satu bahan yang paling disukai oleh para pemilik rumah. Tak hanya mampu menjaga pakaian agar terhindar dari jamur, tetapi juga mencegah lemari dari ngengat atau gegat.

Terima kasih kepada naftalena, yaitu salah satu bahan yang terdapat dalam kapur barus yang bertujuan untuk mencegah hama serangga perusak pakaian.

Selain dapat mencegah jamur dan gegat, kapur barus dipercaya mampu menghalau hewan pengerat tikus dari kediaman Anda. Hal ini disebabkan karena aroma keras yang dihasilkan oleh naftalena yang membuat mereka enggan untuk mendekat.

Letakkan beberapa kapur barus di tempat yang kemungkinan besar dilalui oleh tikus, seperti di bawah kompor, sudut ruangan, hingga di bawah kabinet dapur Anda.

Bawang putih

Jika Anda mencari aroma dan bahan alami yang mampu menghalau serta mengusir tikus dari rumah, maka bawang putih adalah bahan pertama yang akan Anda temukan pada mesin pencari.

Selain ampuh untuk membunuh kutu pada hewan peliharaan, bawang putih juga sangat ampuh untuk mencegah tikus untuk masuk ke kediaman Anda.

Caranya, Anda cukup membungkus bawang putih dengan kain kasa. Kemudian letakkan bungkusan tersebut di tempat yang sering dilalui oleh tikus. Bagaimana, mudah bukan?

Baca juga: Cara Mengusir Tikus Yang Membandel DEngan Metode PHT

Minyak peppermint

Umumnya, peppermint digunakan sebagai salah satu aroma relaksasi yang dapat Anda temui di toko-toko spa atau tempat khusus refleksi.

Ternyata, aroma yang mampu membuat siapapun menjadi rileks ini, sangat dibenci oleh hewan pengerat berbulu tersebut dan bahkan membuatnya enggan untuk mendekat.

Adapun yang dapat Anda lakukan adalah dengan meneteskan sebanyak 30 tetes minyak peppermint ke bola kapas, kemudian letakkan kapas tersebut di sudut-sudut dekat lubang pembuangan.

Cara ini cukup efektif untuk mengacau indra penciuman mereka, sehingga enggan mendekati kediaman Anda.

Ammonia (Amonia)

Bagi Anda yang tidak familiar, ammonia atau amonia adalah salah satu gas kimia yang bening, tidak berwarna, tetapi mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Amonia dapat Anda temukan dalam produk rumah tangga, seperti deterjen, pemutih pakaian, dan produk lainnya yang mengeluarkan bau yang kuat.

Buatlah ramuan anti tikus dengan mencampurkan deterjen dan air di dalam mangkuk. Kemudian, tempatkan obat tikus ini di tempat yang sering ia datangi. Cara ini akan membuat tikus menjadi tidak nyaman dan pergi meninggalkan area tersebut.

Baca juga: Apakah Efektif Menanam Tanaman Pengusir Tikus? Ini Hal Yang Perlu Anda Perhatikan!

Chili oil atau powder

Chili oil adalah salah satu bahan yang dapat membuat seseorang menjadi iritasi saat menghirupnya. Cara kerja ini juga dipercaya mampu mengusir tikus yang bersarang di rumah Anda.

Untuk membasmi tikus dengan cara ini, campurkan saus cabai atau bubuk dengan air deterjen dan masukkan ke dalam botol sprayer. Kemudian, semprotkan di tempat-tempat yang sering mereka lalui.

Demikianlah bau atau aroma yang tidak disukai tikus dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe