Ini 3 Jenis Perangkap Tikus Sederhana untuk Membasmi Tikus Rumah

I
Ini 3 Jenis Perangkap Tikus Sederhana untuk Membasmi Tikus Rumah

Hampir setiap para pemilik rumah mencari berbagai macam cara untuk menangkap tikus yang bersarang di rumah mereka. Salah satu metode yang kerap digunakan adalah dengan memasang perangkap tikus.

Setidaknya, ada 2 jenis jebakan tikus yang dijual dipasaran, yaitu live trap atau perangkap hidup, dan death trap atau perangkap mati.

Sebelum melangkah lebih lanjut, apa yang dimaksud dengan death trap dan live trap? Mana yang paling efektif digunakan untuk menjebak tikus dan membuatnya tidak datang lagi? Berikut rangkuman singkatnya untuk Anda.

Live trap

Apabila Anda enggan untuk membunuh tikus, maka jebakan jenis ini dapat menjadi investasi terbaik dalam menangkap hewan pengerat tersebut.

Sesuai dengan namanya, jebakan ini memang tidak difungsikan untuk membunuh tikus,. Melainkan hanya mengurungnya di dalam sebuah jebakan yang nantinya Anda sendirilah yang harus melepaskannya di luar area rumah.

Bahan nya yang ringan, ramah lingkungan, dan umumnya dapat digunakan berulang kali adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan dari live trap ini.

jenis perangkap tikus, live trap
live trap atau perangkap hidup

Kekurangan dari jenis perangkap yang satu ini adalah, selain Anda sendiri yang harus melepaskan tikus-tikus tersebut. Besar kemungkinan tikus yang telah Anda lepaskan untuk datang kembali ke kediaman Anda atau mengganggu di lingkungan yang lain.

Makaa dari itu, pertimbangkan kembali untuk menggunakan tipe perangkap tikus yang satu ini.

Death trap

Death trap adalah jebakan yang sengaja diciptakan untuk membunuh hewan pengerat secara langsung. Tikus akan mengalami proses kematian yang menyakitkan, seperti dehidrasi, pendarahan dalam, patah tulang, ataupun dimangsa oleh predator.

Walaupun jebakan ini terbilang ekstrim serta menimbulkan banyak pro dan kontra dikalangan pecinta hewan. Namun, faktanya jebakan jenis ini adalah perangkap tikus terbaik yang sangat efektif untuk membasmi hewan pengerat dari kediaman Anda.

Sebagai catatan dalam pengendalian hama terpadu (PHT), saat populasi hama terlalu banyak perlu metode yang tepat untuk mengurangi populasi hama secara signifikan. Penggunaan death trap adalah salah satu solusinya.

Apa yang menjadi kelebihan death trap ini?

  1. Death trap akan langsung membunuh hewan pengerat.
  2. Sangat efektif untuk menangkap tikus.
  3. Sebagian jenis jebakan dapat digunakan berulang kali.
  4. Dijual dengan harga variatif, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Adapun kekurangan dari death trap, yaitu

  1. Anda harus sesegera mungkin membuang bangkai tikus yang terperangkap untuk mencegah timbulnya bau yang tak sedap.
  2. Sebagian dari perangkap mati, tidak ramah untuk lingkungan dan anggota keluarga.

Bagaimana cara menangkap tikus dengan perangkap mati atau death trap

Jika Anda ingin menangkap dan membasmi hewan pengerat secara langsung. Maka death trap adalah jebakan yang dapat Anda letakkan di beberapa sudut ruangan dalam rumah.

Death trap memiliki tiga macam bentuk, yaitu glue trap, snap trap, dan electronic trap yang masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Ketiganya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Glue trap

Glue trap atau lem tikus adalah jebakan yang banyak diperjual belikan dan menjadi salah satu jebakan andalan para pemilik rumah yang memiliki masalah dengan tikus.

Saat tikus masuk ke dalam lem tikus yang memiliki daya rekat tinggi, mereka akan sulit untuk melepaskan diri dan mati secara perlahan akibat kelaparan dan dehidrasi.

jenis perangkap tikus, yaitu lem tikus
Glue trap atau lem tikus

Sayangnya, jebakan satu kali pakai ini tidak dapat digunakan pada area luar rumah, mengingat daya rekat lem akan menurun apabila terpapar sinar matahari, air hujan, dan debu.

2. Snap trap

Selain lem tikus, snap trap     adalah jebakan tikus lainnya yang populer dan ampuh untuk menangkap tikus yang bersarang di kediaman Anda.

Tak seperti glue trap yang membuat tikus mati secara perlahan dan hanya sekali pakai, jebakan yang satu ini akan langsung membunuh tikus tepat saat ia masuk ke dalam perangkap.

jenis jebakan tikus snap trap
Sanp trap

Perangkap yang dapat digunakan berulang kali ini akan lebih efektif, apabila Anda meletakkan makanan sebagai umpan untuk menarik keluar tikus-tikus dari tempat persembunyiannya.

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Alami Yang Mematikan

3. Electronic trap

Jenis perangkap mati yang terakhir adalah electronic trap. Jebakan modern ini bekerja dengan memikat para tikus untuk masuk ke dalam area tertentu, kemudian mengirimkan sengatan listrik yang cepat dan fatal yang menyebabkan kematian.

Beberapa electronic trap bahkan dapat mengirimkan sinyal, apabila ada tikus yang berhasil terjebak.

Jenis jebakan tikus elektrik
Electric Trap

Adanya fitur canggih di atas tentu akan menguntungkan Anda sebagai pemilik rumah

Demikianlah jenis perangkap tikus yang banyak beredar di pasaran. Jika setelah menggunkan perangkap tikus, tetapi tikus sering lolos. Mungkin ada yang keliru, simak penjelasannya dalam artikel berikut. Tikus Sering Lolos dari Jebakan? Perhatikan 5 Hal Berikut Saat Memasang Perangkap Tikus

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe