Singkirkan Makanan Kecoa Ini Jika Ingin Terbebas Dari Kecoa

S
Singkirkan Makanan Kecoa Ini Jika Ingin Terbebas Dari Kecoa

Menemukan kecoa di rumah atau ditempat lainnya menjadi hal yang menyebalkan bukan ? apalagi jika kecoa tersebut terbang dan menghinggapi tubuh atau makanan kita, rasanya sangat menjijikan. Pernahkah kamu bertanya kenapa kecoa tiba-tiba ada di rumah mu ? jangan-jangan makanan yang disukai  kecoa bertebaran di rumah mu. Kecoa makanannya apa ? Yuk simak agar kamu bisa mencegah kehadiran si serangga satu ini di berbagai sudut rumah kamu !

Penyebab datangnya kecoa

Serangga hadir di suatu tempat bukan tanpa penyebab begitupun dengan kecoa, hadirnya kecoa pasti ada penyebabnya. Secara umum kecoa selalu tertarik dengan aktivitas manusia, salah satunya adalah aktivitas makan. Ada tiga kemungkinan mengapa kecoa masuk ke rumah kamu yaitu :

  • Di rumah mu ada tempat yang sempurna untuk kecoa berkembang biak.
  • Adanya sumber air yang mudah diakses oleh si kecoa.
  • Banyak sumber makanan yang disukai kecoa bertebaran di rumah kamu.

Apa jangan-jangan di rumah mu banyak bertebaran makanan kecoa ? apa saja makanan yang disukai kecoa ?

Jenis makanan kecoa

Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa kecoa akan makan hampir semua jenis. Buah-buahan, sampah, sayuran, atau bahkan serangga lainnya, kecoa akan bertahan hidup dengan apapun yang mereka temukan. Makanan kecoa adalah makanan yang sering kali mudah ditemukan apalagi jika kamu tidak segera membereskan makanan yang tidak sengaja tumpah. Berikut adalah makanan yang bisa mengundang kehadiran kecoa di rumah atau di sekitar kamu :

  • Remah-remah makanan yang ada di lantai atau meja sisa kamu makan yang tidak segera di bersihkan akan mengundang hadirnya kecoa.
  • Piring kotor bekas makanan yang bertumpuk di bak pencucian piring juga bisa menjadi penyebab hadirnya kecoa.
  • Sampah yang dibiarkan bertumpuk di dalam rumah.
  • Makanan hewan peliharaan.
  • Makanan yang tidak tertutup rapat.
  • Rambut rontok yang sering kamu abaikan bisa menjadi makanan kecoa.
  • Guntingan kuku-kuku kamu pun bisa menjadi makanan kecoa.
  • Pakaian kotor
  • Noda minyak
  • Bahkan kotoran kecoa dewasa menjadi santapan si kecoa kecil.

Sumber makanan apapun yang tersedia bisa menjadi bahan makan kecoa. Coba cek di sekitar rumah kamu apakah ada yang mengundang kecoa untuk datang ? Jika iya segera bereskan dan rapihkan.

Baca juga: Bagaimana Daur Hidup Kecoa?

Makanan yang Disukai Kecoa

Walaupun kecoa bisa memakan berbagai hal tetapi perlu kamu tahu bahwa kecoa juga memiliki makanan favorit loh, kecoa akan lebih tertarik jika ada makanan kesukaan mereka. Jenis makanan berprotein tinggi sangat disukai kecoa. Berikut jenis makanan kecoa yang sering kali memikat kedatangan kecoa ada berbagai macam dan sering kali makanan ini ada di tiap rumah, mungkin rumah kamu juga ada. Yuk simak makanan yang disukai kecoa dibawah ini :

  • Makanan yang mengandung gula menjadi salah satu makanan kesukaan kecoa.
  • Pati juga menjadi makanan kesukaan kecoa, untuk itu kecoa terkadang memakan kardus, karton dan kertas yang terdapat sisa makanannnya. Bahkan kecoa juga bisa memakan kardus jika tidak menemukan makanan lain.
  • Lemak yang tersisa di piring atau yang tertempel pada dinding juga menjadi makanan kesukaan kecoa, untuk iu kecoa mudah ditemui di dapur yang jarang dibersihkan.
  • Keju menjadi makanan kesukaan kecoa karena baunya yang menyengat akan mudah menarik kecoa untuk datang.
  • Daging menjadi makanan yang sangat menarik kecoa karena baunya yang tajam. Daging kecil yang berserakan atau sisa dipiring akan membuat kecoa tertarik untuk datang.
  • Sampah dengan segala jenis makanan sisa sangat mengundang datangnya kecoa, karena disana terdapat berbagai jenis makanan sisa.

Makanan yang sudah dihinggapi kecoa, masih bolehkah dimakan ?

Kecoa yang memiliki ukuran tubuh kecil akan sangat mudah untuk hinggap di makanan manusia yang lupa ditutup, lalu jika sudah seperti itu apakah boleh dimakan ? jawabannya tidak. Jika kamu menemukan makanan yang sudah dihinggapi kecoa jangan pernah kamu makan lagi, sebab kecoa membawa banyak bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Kecoa pada dasarnya memang tidak mengandung racun, tetapi lingkungan dan sumber makanan yang di dapatkannya itulah yang menjadi sumber bakteri dan penyakit. Seekor kecoa akan dapat membawa bakteri, jamur, virus, allergen dan spora. Bahkan berdasarkan hasil penelitian kecoa dapat menimbulkan penyakit disentri, kolera dan deman tifoid. Karena bakteri dan penyakit yang ditinggalkan kecoa pada makanan atau wadah dari makanan tidak dapat kamu lihat secara kasat mata, untuk itu jika kamu melihat ada kecoa yang baru saja keluar dari wadah makanan jangan kamu makan.

Kecoa yang bisa saja memakan apapun yang ditemuinya membuat kamu harus ekstra dalam menjaga kebersihan di rumah atau dimanapun. Sedikit saja makanan tumpah dan tidak kamu segera bersihkan akan menjadi makanan kecoa yang mengundang kecoa berbondong-bondong hadir. Untuk itu mulai saat ini coba kamu perhatikan sekitar tempat tinggal mu apakah masih ada sisa makanan yang berserakan, sampah yang menumuk di dalam rumah, atau barang-barang yang mungkin akan menjadi makanan kecoa segera bersihkan dan rapihkan jika kamu tidak mau rumah mu di datangi kecoa.

Sumber :

https://www.rentokil.co.id/tips-mudah-mengendalikan-hama/fakta-menarik-tentang-hama/apa-makanan-kesukaan-kecoa-di-rumah-anda/

https://www.cockroachzone.com/can-you-eat-food-that-a-cockroach-has-been-on/

https://www.pest-control.com.sg/blog/6-foods-that-attract-cockroaches.html

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe