Yuk Kenali Jenis Kecoa, di Indonesia Agar Kamu Bisa Membasminya!

Y
Yuk Kenali Jenis Kecoa, di Indonesia Agar Kamu Bisa Membasminya!

Apakah kamu tahu bahwa ternyata kecoa memiliki beragam jenis loh ? terdapat lebih dari 4.500 macam-macam kecoa yang ada di dunia. Wow sangat banyak ! Dari sekian banyak jenis kecoa hanya puluhan saja yang masuk dalam kategori hama, sementara sisanya adalah jenis kecoa yang dinilai bisa memberi manfaat pada lingkungan. Mengetahui jenis-jenis kecoa akan bermanfaat untuk menangani dan mencegah datangnya kecoa. Yuk mari simak dan pahami dengan baik !

Macam-macam Kecoa di Indonesia

Tahukah kamu dari lebih 4.500 jenis kecoa 55 jenis kecoa diantaranya ditemukan di Amerika Serikat. Macam-macam kecoa yang sering ditemukan di Amerika Serikat yaitu kecoa Amerika, kecoa pita coklat, kecoa oriental, dan kecoa smokybrown. Ternyata di Negera Adikuasa seperti Amerika masih ditemukan serangga dengan jenis kecoa ini ya, lalu bagaiamana di Indonesia ? Apa saja jenis-jenis kecoa yang ada di Indonesia ?

Ada empat jenis kecoa yang umumnya sering ditemukan di Indonesia mungkin salah satunya ditemukan di rumah kamu. Lima jenis kecoa tersebut antara lain :

Kecoa Jerman

Jenis kecoa jerman merupakan macam-macam kecoa yang memiliki pertumbuhan sangat cepat, satu kecoa betina jenis ini bisa menghasilkan keturunan hingga 500.000 dalam satu tahun. Satu ekor kecoa betina jerman ini bisa berkembang biak hingga 30.000, mengapa demikian ? ternyata satu telur kecoa jerman akan menetas antara 20-40 bayi kecoa. Kecoa jerman memiliki Panjang sekitar 1,5-2 cm dengan warna yang bervariasi dari coklat muda hingga hampir hitam.

Tubuh kecoa jerman yang kecil memungkinkan untuk ia bisa masuk lewat lubang-lubang kecil dan sempit. Walapun kecoa ini tidak bisa bertahan hidup lama tetapi proses perkembang biakannya yang banyak membuat kamu harus segera menyingkirkannya sejak masih telur.

Kecoa Amerika

Kecoa amerika atau yang memiliki nama latin Periplaneta americana, merupakan jenis kecoa yang paling besar. Serangga ini memiliki warna coklat kemerahan, jika kamu perhatian pada bagian belakang kepalanya terdapat pola berbentuk seperti angka delapan. Kecoa amerika ini termasuk jenis kecoa terbang. Selain mudah ditemui di Indonesia jenis kecoa amerika ini mudah juga ditemui di rumah-rumah di Amerika Serikat. Kecoa amerika dewasa memiliki ukuran panjang 35-50 mm dan sudah tersebar di seluruh dunia.

Kecoa jenis ini biasanya hidup berkelompok dan beraktivitas di malam hari, sementara sepanjang siang si kecoa amerika ini biasanya bersembunyi di tempat yang gelap. Si kecoa jenis ini bisa menyesuaikan diri dengan cepat walaupun berada diluar kondisi yang mereka sukai seperti kondisi yang lembab, hangat dan gelap. Si kecoa amerika ini bisanya akan mudah kamu temukan di tempat yang tersembunyi seperti selokan dan septi tank. Mereka bisa memakan apapun yang ada di dekatnya dan akan mudah berkembang biak.

Kamu perlu ketahui si kecoa amerika ini dapat menularkan penyakit seperti Salmonella dan E Coli ke setiap apapun yang mereka lewati. Cukup berbahaya bukan jenis kecoa amerika ini, bahkan kotoran dan potongan bagian tubuhnya dapat menyebabkan asma dan memicu alergi. Untuk itu kamu perlu waspada dengan jenis kecoa amerika ini, biasanya kamu akan menemui jenis kecoa ini Ketika kamu membongkar ruangan yang sudah lama tertutup atau barang-barang yang sudah lama dibiarkan tertumpuk.

Kecoa Australia

Jenis kecoa australia ini adalah kecoa yang sering masuk ke rumah-rumah termasuk rumah kamu. Kecoa Australia yang memili nama latin Periplaneta australasiae. Si kecoa Australia ini termasuk jenis kecoa terbang sama seperti jenis kecoa amerika. Ukuran kecoa Australia ini sedikit lebih kecil dari kecoa amerika mencapai 27-33 mm, memiliki warna warna lebih gelap atau coklat kemerahan.

Hal yang perlu kamu tahu tentang si kecoa Australia ini adalah bisa memakan pakaian hingga berlubang, tidak hanya itu si kecoa Australia ini juga bisa memakan penutup buku. Jika kamu menemukan baju atau buku yang tersimpan di dalam lemari berlubang kemungkinan pelaku perusaknya adalah si kecoa Australia ini.

Kecoa bergaris coklat

Jenis kecoa bergaris coklat atau yang memiliki nama latin Supella longipalpa. Mungkin kamu bertanya kenapa diberi nama kecoa bergaris coklat ? Jawabannya karena jenis ini identik dengan garis-garis berwarna kuning kecoklatan disepanjang perut mereka. Jenis kecoa bergaris coklat ini termasuk salah satu jenis kecoa terkecil dengan panjang 10-14 mm. Kecoa betina jenis ini bisa menghasilkan 16 telur. Nimfa kecoa jenis ini membutuhkan waktu hingga 55 hari untuk berubah menjadi kecoa dewasa.

Jenis kecoa bergaris coklat ini menyukai lingkungan yang hangat dan lembab untuk tempat tinggalnya. Biasanya jenis kecoa ini akan mudah kamu temukan di langit-langit bangunan, di dalam dan sekitar alat elektronik alat-alat rumah tangga misalnya seperti kulkas, televisi, dan lainnya. Jenis kecoa bergaris coklat ini sangat aktif pada malam hari dan memakan makanan yang mengandung zat pati.

Baca juga: Bagaimana Daur Hidup Kecoa?

Cara mengidentifikasi jenis-jenis kecoa

Kamu mungkin kebingungan bagaimana caranya membeda jenis-jenis kecoa tersebut karena hampir semua kecoa yang pernah kamu lihat mirip dan seperti tidak ada perbedaan. Bagaimana caranya mengenali perbedaan jenis-jenis kecoa ? Tentu hal ini penting untuk kamu ketahui karena akan berpengaruh pada bagaimana caranya mencegah dan membasmi jenis-jenis kecoa tersebut.

Cara mengenali kecoa jerman

  1. Pertama kamu lihat ukuran kecoanya jika Panjang kecoanya kira-kira 1,3-2 cm itu termasuk jenis kecoa jerman.
  2. Kedua coba kamu perhatikan apakah ada dua buah garis pararel di bagian belakang kepala hingga sayap berwarna coklat tua kehitaman.
  3. Ketiga dimana kecoa itu kamu temukan. Kecoa jerman biasanya akan mudah kamu temukan di tempat pencucian piring atau di tempat sampah.
  4. Keempat coba kamu perhatikan jumlah kecoanya. Jenis kecoa jerman akan kamu temukan berkelompok dalam jumlah yang cukup banyak.

Cara mengenali kecoa amerika

  1. Pertama kamu perhatikan ukuran kecoanya. Jenis kecoa amerika berukuran besar kira-kira mencapai 5 cm.
  2. Kedua coba kamu perhatikan warna kecoanya. Jenis kecoa amerika berwarna coklat kemerahan. Selain itu kecoa amerika juga memiliki dua buah lingkaran pada bagian dekat kepala.
  3. Ketiga coba kamu perhatikan apakah warna kecoa tersebut mengkilap. Jenis kecoa amerika memiliki ciri mengkilap dan berkilau pada bagian tubuhnya.
  4. Keempat coba kamu perhatikan apa jenis makanan yang kecoa tersebut makan. Jenis kecoa amerika akan memakan makanan yang lembab, seperti makanan manusia dan hewan peliharaan.

Cara mengenali kecoa Australia

  1. Pertama coba kamu peratikan ukuran kecoanya. Jenis kecoa Australia berukuran sedikit lebih kecil dari ukuran kecoa amerika.
  2. Kedua coba kamu perhatikan warna tubuh kecoa tersebut. Jenis kecoa Australia memiliki warna coklat gelap dibandingkan jenis kecoa lainnya.
  3. Ketiga dimana kamu menemukan kecoa tersebut. Jenis kecoa Australia biasanya akan mudah ditemukan di bagian terututup.

Cara mengenali kecoa bergaris coklat

  1. Pertama coba kamu perhatikan ukuran kecoa tersebut. Kecoa bergaris coklat termasuk jenis kecoa terkecil dibandingkan tiga jenis kecoa sebelumnya.
  2. Kedua coba kamu peratikan apakah ada garis coklat kekuningan pada bagian tubuhnya.
  3. Ketiga coba kamu perhatikan suhu dimana kamu menemukan kecoa tersebut, jenis kecoa bergaris coklat akan bertahan hidup pada suhu panas dan kering dan tidak menyukai air.

Kamu telah mengenali jenis kecoa di Indonesia , untuk itu kamu sebisa mungkin menghindari apa-apa yang menjadikan kecoa betah berada di rumah mu. Yuk periksa dan bersihkan rumah mu!

Baca juga: Singkirkan Makanan Kecoa Ini Jika Ingin Terbebas Dari Kecoa


Sumber :

https://fumida.co.id/macam-macam-kecoa/

https://www.rentokil.co.id/kecoa/jenis-kecoa/

https://www.thefastcode.com/id-idr/wiki/Mengenali-Kecoa

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe