Bagaimana Daur Hidup Kecoa?

B
Bagaimana Daur Hidup Kecoa?

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering terganggu atau jijik dengan keberadaan kecoa di rumah? atau kamu salah satu orang yang termasuk fobia pada kecoa apalagi jika kecoa tersebut terbang? Kecoa memang sering ditemukan di berbagai tempat terutama di tempat yang kotor dan jorok seperti di kamar mandi atau di dapur. Kecoa juga tak jarang di temukan di dalam rumah bahkan di kamar, apakah kamu pernah berpikir bagaimana kecoa hidup dan berkembang biak? Disini akan dibahas mengenai daur hidup kecoa si serangga yang memiliki bentuk tubuh oval dan pipih yang berwarna coklat.

Daur Hidup Kecoa

Kamu perlu tahu bahwa kecoa adalah salah satu serangga purba, bahkan kecoa sudah berusia lebih dari 200 juta tahun. Bagaimana kecoa bisa mempertahankan populasinya selama itu? Kecoa bertahan melalui kemampuan mereka untuk bereproduksi dan berhasil melewati lingkungan yang tidak nyaman dalam waktu yang lama.

gambar daur hidup kecoa, siklus hidup kecoa

Daur hidup kecoa terbagi kedalam tiga tahap yaitu tahap telur, nimfa (bayi kecoa) dan dewasa. Sebelum membahas daur hidup kecoa lebih lanjut ada hal yang perlu kamu ketahui bahwa ternyata metamorfosis kecoa tidak sempurna. Jika metamorphosis sempurna siklus hidup hewan akan mengalami fase kepompong, maka metamorfosis tidak sempurna tidak melalui tahapan kepompong. Itulah yang terjadi pada metamorphosis kecoa yaitu tanpa mengalami fase kepompong, jadi bagaimana daur hidup kecoa? Yuk simak!

Tahap telur

Tahukah kamu bahwa kecoa betina bertelur rata-rata 10 hingga 55 telur sekaligus tergantung spesies kecoanya. Telur kecoa dikenal dengan nama oothecea. Mayoritas kecoa adalah ovipar, artinya telur berkembang di luar induknya. Untuk melindungi telur-telur nya induk telur kecoa membuat sarang ditempat yang hangat, lembab, dan rapat. Telur kecoa menetas biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua bulan, tetapi tergantung dari jenis spesies kecoa.

Seekor kecoa betina dapat bertelur hingga beberapa kali dalam setahun, jadi kecoa betina akan menghasilkan ratusan hingga ribuan telur dalam satu tahun. Itu dia alasan mengapa kecoa si serangga purba ini dapat mempertahankan populasinya hingga saat ini.

Tahap Nimfa atau Bayi Kecoa

Setelah telur kecoa menetas, kecoa memasuki tahap nimfa atau bayi kecoa. Pada tahap ini kecoa akan mengalami molting atau fase pergantian kulit, melepaskan kerangka luarnya untuk tumbuh menjadi lebih besar. Pada awalnya, bayi kecoa akan berwarna putih sebelum menjadi berwarna coklat normalnya meranggas dan dewasa.

Nimfa atau bayi kecooa berukuran kecil hampir mirip dengan kutu beras namun berwarna putih. Bayi kecoa belum memiliki sayap tetapi sudah bisa bergerak bebas mencari makanan. Molting atau pergantian kulit akan berlangsung berkali-kali hingga kecoa menjadi dewasa. Setiap pergantian kulit pada fase bayi kecoa kulit yang baru akan menjadi semakin keras.

Tergantung spesies kecoanya ada beberapa jenis kecoa betina mungkin tidak merawat nimfa mereka. Beberapa akan meninggalkan anak kecoa mereka dengen bersembunyi jauh dari sarang telurnya, semntara ada spesies tertentu yang tetap di sarangnya. Tahap bayi kecoa ini berlangsung dari beberapa bulan hingga hampir satu tahun.

Tahap Imago atau Kecoa Dewasa

Setelah kecoa mengalami molting terakhir, ia akan menjadi kecoa dewasa yang berfungsi penuh dan aktif secara seksual. Kecoa dewasa rata-rata memiliki Panjang 1 hingga 3 inci dengan tiga pasang kaki, dua pasang sayap, dan sepasang antena panjang di bagian kepala. Kebanyakan kecoa berwarna coklat. Sementara banyak kecoa yang memiliki sayap sebagian besar tidak bisa terbang. Sayap kecoa dewasa ini hanya bisa terbang dalam jarak yang dekat dan waktu yang singkat.

Namun, kecoa akan bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain, melakukan perjalanan dua hingga tiga mil per jam untuk menghindari pemangsa. Saat dewasa betina akan mulai merayu dan menarik jantan untuk memulai proses reproduksi.

Rata-rata kecoa berumur satu hingga dua tahun, dengan beberapa spesies hidup hingga satu decade. Lamanya hidup kecoa tergantung spesies dan kondisi lingkungan. Jika lingkungan tempat tinggal kecoa hangat, lembap dan mudah dalam mendapatkan makanan maka kecoa akan bisa hidup lama.

Coba kamu cek apakah di rumah kamu ada tempat yang disukai kecoa? Salah satu kecoa yang hidup hingga saat ini diperkirakan berusia 200 juta tahun, bahkan beberapa ilmuan percaya ada jenis kecoa yang masih hidup hingga 350 juta tahun. Kemampuan mereka untuk sering bereproduksi dan dalam jumlah besar, Bersama dengan kerangka luar yang kokoh dan naluri bertahan hidup.

Ada hal menarik lainnya yang perlu kamu ketahui dari si serangga satu ini, kecoa ternyata bisa hidup tanpa kepala selama berhari-hari dan bisa menahan napas selama 40 menit. Wow, ternyata si serangga satu ini keren juga ya.

Itulah daur hidup kecoa yang dimulai dari telur, nimfa hingga kecoa dewasa dan siap untuk berkembang biak. Dengan kamu mengetahui daur hidup kecoa bisa membantu kamu mencegah hadirnya kecoa di rumah. Bagaimana apakah ada salah satu ruangan di rumah kamu yang disukai kecoa? Yuk cek Kembali rumahnya dan pastikan rumah kamu bebas dari kecoa.


Referensi:

https://www.familyhandyman.com/article/cockroach-life- cycle/

https://netral.news/en/knowing-the-cockroach-life-cycle- an-example-of-incomplete-metamorphosis.html

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/ verina-intan-l/proses-daur-hidup-kecoak-yang-perlu-diketahui-anak/3

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe