Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan antara Lebah dan Tawon

S
Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan antara Lebah dan Tawon

Tawon dan lebah apakah sama? Sebagian besar orang beranggapan bahwa tawon dan lebah merupakan hewan yang sama. Faktanya, kedua hewan ini jelaslah berbeda. Lalu, apa perbedaan mencolok antara lebah dan tawon? Berikut informasinya khusus untuk Anda.

Lebah (Bees)

Tubuh lebah umumnya jauh lebih kecil dengan bulu halus yang tumbuh di seluruh tubuhnya. Ukuran lebah pekerja hanya sekitar 2 milimeter hingga yang paling besar mencapai 39 milimeter.

Selain itu, lebah merupakan hewan yang memiliki tingkat sosial yang tinggi. Mereka hidup secara berkoloni dengan jumlah yang besar di bawah tanah maupun di atas pohon dalam satu sarang.

Anda dapat menemukan sarang di dekat pepohonan yang ditandai dengan banyaknya rona kekuningan dan letaknya sedikit tersembunyi dari pandangan.

Lebah Madu membuat sarang di pohon,
perbedaan lebah dan tawon
Lebah Madu membuat sarang di pohon

lebah menggunakan propolis atau getah pohon sebagai bahan baku utama pembuatan sarang mereka. Selain propolis, mereka juga menggunakan malam/lilin yang diproduksi oleh kelenjar lebah betina yang masih muda.

Dari 20,000 jenis spesies lebah, lebah madu merupakan jenis yang sering dijumpai di Indonesia. Dalam satu koloni lebah madu, terdapat kurang lebih 75,000 populasi di dalamnya, sedangkan tawon hanya berjumlah sekitar 10,000 populasi.

Serangga ini memiliki sifat yang lebih tenang dan tidak agresif. Lebah tidak akan menyerang serangga ataupun manusia, selama mereka tidak berusaha mengganggu koloni ataupun sarangnya.

Lebah madu merupakan salah satu spesies lebah yang akan mati setelah menyengat makhluk hidup lain yang memiliki kulit relatif tebal.

Hal di atas disebabkan karena penyengat dari lebah madu sangatlah kuat hingga dapat menyebabkan perutnya robek, serta kehilangan sistem pencernaannya tepat setelah lebah madu menarik tubuhnya.

Lebah merupakan hewan berjenis pollinator, artinya mereka hanya akan memakan nektar dan serbuk sari sebagai sumber makanan utama. Hal ini menjadikan lebah dan tanaman yang ia hinggapi saling menguntungkan satu sama lain alias simbiosis mutualisme.

Baca juga: 6 Cara Jitu Mengusir Tawon Secara Alami di Rumah

Tawon (Waps)

Berbeda dengan lebah yang memiliki ukuran tubuh relatif kecil, tawon memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, yaitu sekitar 1 cm hingga 2,5 cm.

Sama halnya dengan lebah, tawon juga hidup dalam berkoloni. Satu koloni tawon hidup sekitar 10,000 ekor di dalamnya. Namun, tak jarang Anda dapat menjumpai tawon yang hidup menyendiri alias soliter.

sarang tawon, beda tawon dan lebah
Sarang Tawon

Tawon merupakan hewan pemakan segala alias omnivora. Namun, tawon soliter dewasa lebih menyukai nektar dari tanaman.

Tak jarang, tawon soliter dewasa juga kerap memakan beberapa serangga lainnya, seperti laba-laba, lalat, bahkan semut untuk mencukupi kebutuhan makanan untuk anak-anak mereka.

Tawon juga dikenal sebagai pengendali hama alami karena tawon merupakan predator serangga-serangga kecil yang menjadi hama.

Bertolak belakang dengan lebah, tawon dikenal sebagai serangga yang sangat agresif, terutama tawon jaket kuning atau yellow jacket wasp. Mereka tidak akan segan menyengat berkali-kali makhluk hidup yang berusaha mengganggu sarangnya atau saat mereka merasa terancam.

Anda dapat menjumpai sarang tawon di bangunan yang terlindungi dengan akses mudah untuk keluar masuk, seperti di langit-langit rumah.

Tawon tidak memiliki kelenjar penghasil lilin layaknya lebah, sehingga mereka membuat sarang dari hasil serat kayu yang dikunyah yang dicampur dengan air liur mereka.

perbedaan lebah dan tawon
Infografis perbedaan lebah dan tawon

Bahaya Sengatan Tawon dan Lebah bagi Manusia

umumnya baik sengatan lebah maupun tawon sama-sama mengandung racun yang dapat menyebabkan si penderita mengalami pembengkakan dan rasa nyeri pada bagian tubuhnya.

Baca juga: Kenali Jenis Tawon di Indonesia, 4 Diantaranya Berbahaya Bagi Nyawa Manusia

Namun hal di atas akan semakin memburuk, apabila si penderita memiliki riwayat alergi terhadap racun kedua jenis serangga ini. Reaksi yang ditimbulkan akan jauh lebih mengkhawatirkan dan harus segera dilarikan ke IGD terdekat.

Demikianlah perbedaan antara lebah dan tawon, semoga bermanfaat.


Referensi:

Infia. Kenapa Dan Bagaimana Lebah Menghasilkan Madu?

Terminix. Do bees die after stinging?

Tjin Willy. Sengatan Lebah

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe