6 Cara Jitu Mengusir Tawon Secara Alami di Rumah

6
6 Cara Jitu Mengusir Tawon Secara Alami di Rumah

Terdapat berbagai cara mengusir tawon dari rumah, salah satunya ialah dengan menggunakan metode alami yang ramah lingkungan. Apa saja metode alami tersebut dan bagaimana cara melakukannya? Berikut rangkuman cara mengusir tawon secara alami.

1. Essential Oil

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Zhang QH, Schneidmiller RG, dan Hoover DR dalam jurnal yang berjudul Essential oils and their compositions as spatial repellents for pestiferous social wasps menunjukkan, bahwa minyak esensial dengan campuran cengkeh, geranium, dan serai memiliki efektifitas yang cukup tinggi untuk menghalau tawon kembali ke sarang mereka.

Anda dapat membuat ramuan ini dengan mencampurkan minyak esensial, air dan sabun cuci piring yang dimasukkan ke dalam botol semprot.
Kemudian semprotkan ramuan ini ke sarang tawon dan dijamin tawon enggan untuk datang kembali.

2. Air sabun

Tidak hanya tawon, campuran air sabun ternyata juga efektif dalam membasmi lebah dan hornets.

Adapun cara membuat air sabun khusus pembasmi tawon ini adalah dengan mencampurkan dua sendok sabun cair yang diisi dengan air, lalu dimasukkan ke dalam botol semprotan.

Sebelum Anda menyemprotkan air sabun ke sarang tawon, penting untuk menggunakan alat pelindung agar mencegah sengatannya.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan antara Lebah dan Tawon

3. Cuka

Cara membasmi tawon alami selanjutnya ialah dengan menggunakan cuka.
Dikutip dari tipsbulletin, cuka mengandung acidic liquid yang akan mengeringkan kerangka luar tawon dan membuatnya tak berdaya.

Cara membuat obat pembasmi tawon ini cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu mencampurkan cuka dan air, lalu memasukkannya ke dalam botol semprot.

Anda dapat menyemprotkan ramuan ini langsung ke tawon yang Anda jumpai di lingkungan sekitar maupun ke sarangnya. Bagaimana, mudah bukan?

4. Perangkap Tawon

Cara lain untuk menangkap tawon yang menganggu di lingkungan Anda ialah dengan memasang perangkap tawon.

Anda dapat membuat jebakan tawon sendiri dengan memotong bagian atas dari botol plastik hingga menyisakan dua bagian.

Kemudian letakan umpan berupa daging segar atau cairan manis di bagian dalam bawah botol.
Setelahnya, balikan bagian atas botol yang telah dipotong sebelumnya sehingga berbentuk corong terbalik (mulut botol di bagian bawah).

Anda bisa menggantungkannya di langit-langit rumah ataupun membiarkannya di taman selama beberapa hari, hingga lebah terperangkap dan mati.

5. Tutup Celah

Jika tawon berhasil Anda singkirkan, kini tibalah saatnya bagi Anda untuk melakukan langkah pencegahan, agar tawon tidak masuk ke dalam rumah Anda.

Langkah pencegahan pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menutup setiap celah dan lubang yang terbentuk di rumah Anda.
Menutup setiap lubang sangat penting untuk dilakukan, mengingat tawon dengan ukuran besar dapat masuk melalui lubang yang kecil sekalipun.

Anda dapat menambal lubang dengan bahan khusus, sehingga tidak hanya tawon atau lebah saja yang tidak bisa masuk, tetapi juga jenis serangga pengganggu lainnya.

Baca juga: Kenali Jenis Tawon di Indonesia, 4 Diantaranya Berbahaya Bagi Nyawa Manusia

6. Eliminasi Sumber Makanan

Sebagian besar spesies tawon merupakan hewan berjenis omnivora atau pemakan segala. Termasuk makanan yang dimakan oleh manusia.

Adapun langkah pencegahan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menutup rapat kontainer dan sumber makanan lainnya.

Perhatikan juga untuk selalu membersihkan remahan makanan dan tetesan minuman yang jatuh ke permukaan lantai, agar tidak mengundang tawon masuk ke dalam rumah.

Terlepas dari hal di atas, tawon adalah serangga yang sangat bermanfaat, khususnya dalam mengendalikan serta membasmi ulat dan kutu daun.

Tanpa kehadiran tawon, maka jumlah populasi hama akan meningkat dan menurunkan kualitas tanaman pangan serta merusak banyak kebun. Demikianlah ulasan cara mengusir tawon secara alami dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe