Ini Dia Jenis Nyamuk Dan Bahayanya Yang Perlu Kamu Ketahui!

I
Ini Dia Jenis Nyamuk Dan Bahayanya Yang Perlu Kamu Ketahui!

Nyamuk si serangga kecil yang mengganggu dan membahayakan. Ternyata nyamuk tela mengganggu manusia selama berabad-abad lamanya. Menyebarkan penyakit dan menyebabkan kematian banyak orang yang ada di dunia ini. Bahkan menurut laporan World Healt Organization (WHO) lebih dari 50% penduduk di dunia beresiko terkena penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Untuk itu kamu perlu mengenal jenis nyamuk dan bahayanya karena hal ini akan sangat berguna untuk kamu mencegah dan membasmi kehadiran serangga kecil ini. Yuk baca dan pahami !

Jenis-Jenis Nyamuk

Tahukah kamu ternyata ada lebih dari 3.000 spesies nyamuk yang ada di bumi ini. Indonesia sebagai Negara tropis sehingga serangga ini menyukai hidup di wilayah ini. Negara tropis dengan karakteristik lingkungan yang panas dan lembab, sangat mendukung proses perkembang biakan nyamuk. Penyakit yang biasanya ditularkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dengue, malaria, cikungunyah, zika dan lainnya tergantung jenis nyamuknya.

Nyamuk aedes aegypti

Kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis nyamuk aedes aegepty, sebab jenis nyamuk ini sering kali memakan korban. Nyamuk aedes aegypti adalah hewan yang menularkan penyakit deman berdarah dengue (DBD), cikungunyah, zika, dan demam kuning. Nyamuk Aedes aegypti menggigit pada waktu sore atau malam hari dan lebih sering berada di ruangan terlebih yang memiliki pencahayaan minim.

Hati-hati bila di rumah kamu terdapat ruangan yang pencahayaanya minim itu bisa jadi tempat yang disukai oleh jenis nyamuk aedes aegypti.

Jenis nyamuk aedes aegypti selain menyukai ruangan yang gelap juga menyukai lingkungan yang lembap untuk bertelur. Tempat yang diskuai jenis nyamuk ini untuk bertelur sepeti vas bunga, tempat penampungan air ataupun ember yang ada genangan airnya. Untuk itu kamu harus memperhatikan benda-benda di sekitar lingkungan kamu agar tidak ada genangan air untuk mencegah perkembang biakan nyamuk jenis aedes aegypti ini.

Nyamuk anopheles

Jenis nyamuk anopheles yang bisa menularkan penyakit malaria, untuk itu jenis nyamuk ini dikenal juga dengan nyamuk malaria. Nyamuk malaria adalah nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria yang mengandung parasite plasmodium. Bagaimana cara mengenal nyamuk malaria ? Saat hinggap di permukaan kulit manusia biasanya jenis nyamuk ini miring sekitar 45 derajat dan berwarna kekuningan. Nyamuk malaria ini aktif menggigit manusia di malam hari dan pagi hari, untuk itu kamu perlu waspada pada dua waktu itu agar terhindar dari gigitan nyamuk malaria.

Nyamuk malaria ini sangat bisa beradaptasi dengan perubahan iklim dan ekologi serta kegiatan manusia di sekitarnya. Anopheles atau nyamuk malaria di Indonesia terdapat 80 spesies tetapi yang terbukti membawa parasite plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria hanya 24 spesies.

Berdasarkan perindukannya vector malaria dapat di kelompokkan dalam tiga tipe yaitu, berkembang biak di persawahan, hutan atau perbukitan dan aliran sungai atau pantai.

Nyamuk culex

Nyamuk culex atau yang memiliki nama lengkap culex quinquefasciatus adalah nyamuk yang menyebabkan penyakit filariasis atau kaki gajah, demam zika, dan dema west nail. Culex ini memiliki Panjang sekitar 4-8 mm. Untuk mengenali nyamuk culex coba kamu perhatikan saat menghisap darah, nyamuk culex tubuhnya sejajar dengan permukaan dan belalainya ditekuk kebawah.

Tempat berkembang biak nyamuk culex ini di air yang kotor seperti kubangan air, selokan, dan sptic tank. Siklus nyamuk ini biasanya 10 sampai 14 hari dan akan lebih lama pada cuaca yang dingin. Serangga ini memiliki suara yang khas untuk menunjukan kehadirannya. Nyamuk culex biasanya beraktivitas di malam hari saat manusia sedang beristirahat, umumnya akan menggigit manusia sekitar pukul 8 malam hingga 2 dini hari.

Nyamuk Aedes albopictus

Aedes albopictus ini dikenal juga dengan nyamuk hutan dan hidup di Negara beriklim tropis dan subtropis. Serangga ini juga ternyata menyebabkan penyakit demam berdarah dengue, selain itu nyamuk jenis ini juga menjadi penyebab demam kuning, cikungunyah dan deman zika. Apa bedanya dengan nyamuk aedes aegypti ?

Dari ciri fisik nyamuk aedes aegypti memiliki gambar bergaris seperti kepala kecapi berbentuk dua garis lengkung dan dua garis lurus putih. Sedangkan jenis aedes albopictus hanya memiliki satu garis putih saja.

Sekarang kamu tahu kan penyebab demam berdarah dengue bukan hanya nyamuk aedes aegypti. Namun memang yang lebih sering menularkan memang aedes aegypti sebab nyamuk aedes albopictus jenis nyamuk spesies hutan yang lebih jarang kontak langsung dengan manusia, sementara nyamuk aedes aegypti lebih sering berinteraksi dengan manusia. Untuk itulah pentingnya kamu mengenali jenis nyamuk dan bahayanya karena ternyata satu penyakit bisa disebabkan oleh dua jenis nyamuk.

Nyamuk mansonia uniformes

Nyamuk mansonia ini adalah jenis nyamuk yang berkembang biak di tanaman air. Biasanya nyamuk jenis ini hidup di daerah pedesaan dan sekitar area pertanian. Ciri-ciri nyamuk mansonia yang bisa kamu kenali adalah pada saat hinggap tidak berbentuk 90 derajat. Memiliki bentuk sayap asimetris dan bentuk tubuhnya besar juga panjang, selain itu nyamuk ini juga memiliki belalang warna cokelat dan putih.

Nyamuk ini berperan sebagai vector atau penyebar  virus filariasis yang menyebabkan penyakit kaki gajah. Filariasis menular melalui gigitan nyamuk yang mengandung cacing filarial di dalam tubuhnya salah satunya adalah nyamuk mansonia. Setelah di gigit nyamuk tersebut tumbuh menjadi cacing dewasa dan menetap di jaringan limfa yang menyebabkan pembengkakan di kaki, tungkai, dan lainnya.

Nyamuk mansonia ini hidup secara nocturnal atau beraktivitas di malam hari dan biasnaya akan menggigit manusia di malam hari ketika beraktivitas di luar rumah.

Untuk itu Ketika kamu beraktivitas malam hari di luar rumah harus ekstra hati-hati agar tidak terkena gigitan nyamuk jenis ini yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

Baca juga: Yuk Pelajari Bagaimana Daur Hidup Nyamuk, Agar Kamu Bisa Mencegahnya!

Cara Mencegah Dari Gigitan Macam-Macam Nyamuk

Kehadiran nyamuk saja sudah mengganggu manusia dengan suara-suara bising nya yang mengganggu waktu istirahat. Jika nyamuk tersebut menggit bagian tubuh tidak hanya menyisakan bentol dan gatal tetapi juga dapat menimbulkan penyakit. Bagaimana caranya agar nyamuk tidak menggigit bagian tubuh kita ?

  1. Saat kamu berada di luar rumah pada sore hari sangat disarankan untuk mengenakan pakaian lengan Panjang, celana panjang, alas kaki juga topi untuk menghindari kemungkinan gigitan nyamuk.
  2. Gunakan lotion anti nyamuk untuk lebih melindungi kamu dari gigitan nyamuk.
  3. Gunakanlah pakaian berwarna terang karena nyamuk biasa akan lebih memangsa orang yang mengenakan pakaian berwarna gelap.
  4. Cara lainnya adalah dengan membersihkan setiap lingkungan terutama dari genangan air.
  5. Nyamuk biasanya tidak menyukai beberapa tanaman seperti lavender, kemangi, serai, dan marigold untuk itu kamu bisa juga mencoba menaman tanaman tersebut.

Setelah kamu mengetahui jenis nyamuk dan bahayanya. Kamu bisa melakukan antisipasi agar kamu dan orang-orang disekitar mu terhindar dari bahaya gigitan Nyamuk.

Yuk jaga lingkungan dan lakukan hal-hal diatas untuk terhindar dari gigitan nyamuk.


Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2839447/ini-dia-jenis-nyamuk-sumber-penyakit-yang-ada-di-indonesia

https://www.rentokil.co.id/tips-mudah-mengendalikan-hama/fakta-menarik-tentang-hama/4-penyakit-berbahaya-yang-disebabkan-oleh-nyamuk/

https://www.who.int/bangladesh/news/detail/28-05-2018-dengue-a-mosquito-borne-disease

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe