Yuk Kenali Jenis Semut di Indonesia Agar Kamu Bisa Mencegahnya!

Y
Yuk Kenali Jenis Semut di Indonesia Agar Kamu Bisa Mencegahnya!

Kamu sering merasa terganggu dengan kehadiran serangga penyuka makanan yang mengandung gula ini ? Kamu perlu tahu ternyata di dunia ini semut memiliki lebih dari 12.500 macam-macam semut loh. Jenis semut sebanyak itu tidak semua bisa kamu temukan di Indonesia, hanya ada 3.700 jenis semut yang ada di wilayah Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Diantara 3.700 jenis semut tersebut hanya ada beberapa jenis yang bisa kamu temui. Ada yang hanya mengganggu rumah dan juga ada jenis semut yang bisa menyebabkan penyakit. Sangat penting untuk kamu mengetahui jenis semut di Indonesia, yuk simak !

Jenis Semut Rumahan

Dari 12.500 jenis semut yang ada di dunia ada beberapa jenis semut yang sering kamu temukan di berbagai sudut ruangan rumah mu. Semut-semut tersebut sering kamu temukan berkoloni di berbagai sudut rumah mu. Keberadaan semut di rumah sebenarnya tergolong wajar selagi tidak mengganggu kamu atau merusak sesuatu. Tetapi terkadang keberadaan semut tersebut membuat kita risih dan tidak nyaman. Untuk mencegah keberadaan jenis semut rumahan ini kamu perlu mengetahu apa saja jenis semut rumahan.

Semut hantu

Jenis semut rumahan salah satunya adalah semut hantu atau yang sering disebut juga semut gula. Semut ini adalah jenis semut yang mudah kamu temukan. Jenis semut ini akan mudah kamu temukan keberadaannya di dapur dan kamar mandi. Jenis semut ini memiliki ciri-ciri transparan, kepala semut berwarna gelap, dan perut semut berwarna bening. Jenis semut hantu atau semut gula ini memiliki ukuran 15 mm. Kenapa memiliki sebutan semut hantu ? Karena tampilan fisik dari semut ini adalah transparan hingga sulit untuk dilihat.

Jenis semut hantu atau semut gula ini menyukai makanan atau minuman yang manis. Tempat bersarang semut hantu ini biasanya di celah-celah dinding, pot tanaman, tanah atau tempat yang lembab. Mereka hidup berkoloni seperti jenis semut lainnya. Ternyata jenis semut hantu ini tidak menggigit loh, jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir hanya saja kamu perlu menjaga kebersihan dan kerapihan terutama pada sumber makanan dan minuman yang memiliki rasa manis.

Semut firaun

Jenis semut lain yang bisa kamu temukan di sekitaran rumah kamu adalah semut firaun. Jenis semut ini memiliki ciri-ciri warna kuning kecoklatan dan berukuran kecil sekitar 1,5-6 mm. Kamu juga perlu ketahui semut firaun betina dan jantan memiliki perbedaan. Semut firaun jantan berukuran sekitar 3 mm berwarna hitam dan juga memiliki sayap, sementara semut firaun betina berukuran 3,5 mm berwarna merah tua dan memiliki sayap yang lebih lebar daripada sayap semut firaun jantan.

Jika jenis semut lain hanya memiliki satu ratu dalam satu koloni, semut firaun memiliki dua ratu dalam satu koloni. Semut firaun akan mudah kamu temukan di tempat yang dekat dengan sumber makanan entah itu di dapur, meja makan, atau di tempat lain yang dekat dengan sumber makanan. Semut firaun biasanya bersarang pada retakan dinding. Berbeda dengan jenis semut hantu yang tidak menggigit, jenis semut firaun ini menggigit namun tidak menyengat. Jadi kamu harus lebih hati-hati ya !

Semut tukang kayu

Kamu mungkin juga bertanta mengapa jenis semut rumahan yang satu ini dinamai semut tukang kayu? Jawabannya karena jenis semut ini sangat menyukai kayu sebagai tempat tinggalnya. Semut tukang kayu ini berukuran besar dan memiliki warna hitam gelap tetapi ada sebagian yang berwarna merah. Ukuran semut tukang kayu ini sekitar 1,2-1,4 cm. Semut tukang kayu ini akan mudah kamu temukan di pohon atau pada kayu-kayu yang ada dalam rumah dengan tingkah kelembapan tinggi.

Sumber makanan favorit si semut tukang kayu ini yaitu makanan yang memiliki protein tinggi salah satunya serangga mati. Walaupun memiliki nama semut tukang kayu semut ini tidak memakan kayu seperti halnya rayap. Semut tukang kayu ini tidak menggigit ataupun menyengat jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan keberadaannya. Walaupun begitu semut tukang kayu ini jika kamu biarkan ada di rumah mu maka mereka akan membuat lubang pada struktur kayu yang ada di rumah mu. Jadi kamu harus mencegah kedatangannya jika ingin kayu-kayu yang ada di rumah mu aman.

Semut api

Jenis semut lainnya yang sering kali muncul di rumah adalah semut api. Sebenarnya semut api bersarang di gundukan tanah, namun dengan kondisi-kondisi tertentu semut ini bisa masuk kedalam rumah. Semut api ini berwarna cokelat dengan ukuran cukup besar yaitu 1,3-1,8 cm sedangkan si ratu semut api memiliki ukuran yang lebih besar lagi yaitu 5-8 cm. Semut api jenis betina memiliki antenna pada kepala sebagai ciri khasnya.

Semut api ini menyukai makanan cacing tanah, serangga mati, daging dan biji-bijian. Jika di dalam rumah mu berserakan salah satu makanan semut api bisa saja itu mengundang hadirnya semut api. Kamu perlu waspada dengan jenis semut ini sebab menggigit dan gigitanya bisa menimbulkan iritasi atau benjolan. Jika kamu menemukan semut ini maka kamu harus cepat membasminya sebab ratu semut api bisa bertelur hingga 1.500 telur per harinya. Kamu harus lebih waspada dengan jenis semut ini karena bisa membahayakan.

Baca juga: Yuk Kenali Daur Hidup Semut!

Mengenal Semut Rangrang

Mungkin kamu pernah mendengar atau tidak asing lagi dengan jenis semut rangrang. Semut ini dikenal menghasilkan kroto untuk pakan burung. Semut rangrang ini memiliki panjang sekitar 15-16 mm. Semut rangrang ini salah satu jenis semut yang berumur panjang mencapai 1-2 tahun bahkan si ratu semut rangrang bisa mencapai usia sekitar 10 tahun. Semut rangrang ini biasanya bersarang pada pohon-pohon besar yang memiliki daun-daun.

Jika jenis semut lain dapat berbahaya lain halnya dengan semut rangrang ini yang memiliki manfaat sebagai alat monitoring perubahan kualitas lingkungan. Hal unik lain dari semut rangrang adalah jika semut lain kebanyakan dibasmi lain halnya dengan semut rangrang yang justru di budidayakan. Semut rangrang yang bisa menghasilkan kroto menjadikan semut ini di budi dayakan. Makanan semut rangrang yang paling disukainya yaitu makanan yang mengandung protein dan gula yang tinggi.

Setelah membaca ini kamu sekarang telah mengetahui jenis-jenis semutdi Indonesia yang sering ada di rumah mu dan juga jenis semut rangrang si penghasil kroto. Dengan kamu mengetahui berbagai jenis semut terutama semut yang sering ada di rumah, kamu dapat mencegah keberadaannya sebelum mereka merusak atau bahkan membawa penyakit seperti halnya semut api. Yuk lihat dan periksa lagi di setiap ruangan rumah mu apakah masih ada yang bisa mengundang hadirnya semut ? Jika masih segera bersihkan dan bereskan secara rutin!


Sumber:

https://alamtani.com/semut-rangrang/

https://haracare.com/jenis-semut-yang-ada-di-rumah/

https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-semut-rumahan/

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe