Yuk Pelajari Bagaimana Daur Hidup Nyamuk, Agar Kamu Bisa Mencegahnya!

Y
Yuk Pelajari Bagaimana Daur Hidup Nyamuk, Agar Kamu Bisa Mencegahnya!

Nyamuk adalah jenis serangga yang mengganggu dan membawa penyakit untuk manusia. Kamu sering merasa kesal dengan kehadirannya apalagi jika sudah hinggap dan menggigit bagian tubuh kamu yang akan menyebabkan gatal dan bentol. Sebenarnya bagaimana sih daur hidup nyamuk hingga bisa mengganggu dan membawa penyakit untuk manusia? Di sini kamu akan mengetahui bagaimana daur hidup nyamuk, yuk baca dan pahami dengan baik !

Tahapan Daur Hidup Nyamuk

Kamu perlu tahu ternyata siklus hidup nyamuk dari telur hingga dewasa hanya memerlukan waktu 8-10 hari saja, wah pantas saja nyamuk terus menerus bertambah. Nyamuk bisa hidup dan berkembang biak di berbagai tempat, di mana pun nyamuk berkembang biak dan hidup daur hidup nyamuk terdiri dari empat yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Mungkin kamu pernah di jelaskan siklus hidup nyamuk di sekolah, untuk lebih mengingat lagi ini dia penjelasan gambaran daur hidup nyamuk:

gambar daur hidup nyamuk, tahapan hidup nyamuk, siklus hidup nyamuk aedes

Tahap Telur

Pada tahap telur nyamuk betina bertelur baik secara individu maupun berkelompok tergantung jenis nyamuknya. Umumnya nyamuk betina dewasa bertelur hingga 100 butir dalam satu waktu. Telur-telur nyamuk ini oleh induknya diletakan di permukaan air yang menggenang, di lubang pohon, atau di tempat yang terkena air. Nyamuk betina dewasa akan bertelur di mana pun yang ada airnya, untuk itu kamu perlu waspada jangan biarkan ada air yang menggenang di sekitar rumahmu karena itu akan jadi tempat yang nyaman untuk nyamuk bertelur.

Tahap Larva

Setelah tahap telur daur hidup nyamuk selanjutnya adalah tahap larva. Setelah dua hari pada tahap telur kemudian masuk tahap larva atau disebut juga jentik nyamuk. Sebagian besar spesies nyamuk akan pada tahap larva atau jentik ini akan menggantung di permukaan air karena membutuhkan udara untuk bernapas. Sebagian besar spesies larva memili tabung siphon untuk bernafas. Pada tahap larva akan mengalami instar atau pergantian kulit selama empat kali. Pergantian kulit tersebut akan diikuti dengan perubahan ukuran sebelum masuk masa pupa.

Pada tahap larva ini makanan yang mereka makan mikroorganisme air yang ada di dekat mereka. Ketika mereka merasa terancam larva akan menyelam ke dalam air dengan Gerakan “S”. Masa inkubasi larva ini memakan waktu 4-14 hari tergantung spesiesnya, suhu air, dan ketersediaan makanan.

Tahap pupa

Pada tahap ini sebelum menjadi nyamuk dewasa sering disebut juga tahap istirahat. Tahap pupa ini tidak memerlukan makanan ataupun minuman untuk dapat bertahan hidup. Untuk bertahan hidup akan muncul dua buah antena ke permukaan air yang berfungsi untuk bernafas, peka terhadap cahaya, bayangan dan gangguan lainnya.

Pada tahapan pupa ini berlangsung 11/2 hari hingga 4 hari, setelah itu kulit pupa terbelah di sepanjang punggung sampai menjadi nyamuk dewasa.

Tahap Dewasa

Tahap daur hidup terakhir nyamur adalah tahap nyamuk dewasa, di mana organ tubuh nyamuk telah terbentuk sempurna yang terdiri dari kaki, sayap, dada, perut, mata, antena, dan belalai. Biasanya nyamuk yang telah keluar dari tahap pupa akan berada di permukaan air untuk mengeringkan tubuhnya hingga ia bisa terbang. Pada umumnya nyamuk yang menetas dari tahap pupa yang lebih dahulu adalah nyamuk jantan kemudian betina.

Tahap daur hidup nyamuk yang paling berbahaya bagi manusia adalah pada saat nyamuk sampai pada tahap dewasa. Nyamuk dewasa merupakan penyebar penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah dan penyakit lainnya. Nyamuk akan menyebarkan penyakit pada manusia Ketika ia menggigit salah satu anggota tubuh manusia. Perlu kamu tahu bahwa ternyata yang menghisap darah manusia hanyalah nyamuk betina sementara nyamuk jantan akan makan nektar tumbuhan.

Perbandingan ukuran tahapan hidup nyamuk
Perbandingan ukuran tahapan hidup nyamuk

Jadi, jika kamu di hinggapi nyamuk sudah dapat dipastikan itu adalah jenis nyamuk betina. Betina menghisap darah untuk memelihara dan mengembangkan telurnya. Nyamuk jantan rata-rata dapat bertahan hidup 6-7 hari sementara betina dapat bertahan hingga 6 minggu.

Cara Memutus Siklus Hidup Nyamuk

Agar nyamuk tidak berkembang biak semakin banyak dan membahayakan kamu dan penghuni rumah lainnya, cara yang kamu harus lakukan adalah memutus siklus hidup nyamuk. Nyamuk jika dibiarkan akan membawa berbagai penyakit yang membahayakan.  Bagaimana cara memutus daur hidup nyamuk ?

Menguras

Genangan air menjadi tempat yang nyaman untuk nyamuk berkembang biak, untuk itu usahakan jangan biarkan ada air yang menggenang di sekitar rumah kamu. Selain itu tempat penampungan yang biasa kamu gunakan harus secara berkala dan rutin di kuras untuk memutus pertumbuhan telur-telur nyamuk yang mungkin saja sudah ada.

Menutup

Tidak mungkin jika di rumah kamu tidak ada tempat penampungan air, untuk itu kamu harus menutup tempat penampungan air yang biasa kamu gunakan. Langkah ini kamu lakukan untuk menghindari nyamuk betina yang akan bertelur.

Memanfaatkan Kembali Barang Bekas

Selain menguras dan menutup untuk memutus daur hidup nyamuk adalah dengan memanfaatkan Kembali barang-barang bekas atau mendaur ulang. Agar tidak terjadinya penumpukan barang-barang bekas yang akan menyebabkan nyamuk bersarang.

Itu dia empat tahap daur hidup nyamuk dan bagaimana caranya memutus daur hidup nyamuk. Penyakit berbahaya akan mengintai kamu apabila kamu tidak segera memutus siklus hidup nyamuk. Yuk lihat Kembali kondisi di sekitar rumah kamu dan segera bersihkan apabila ada genangan-genangan air.


Referensi:

https://www.cdc.gov/dengue/resources/factsheets/mosquitolifecyclefinal.pdf

https://www.vdci.net/mosquito-biology-101-life-cycle/

https://www.gramedia.com/literasi/daur-hidup-nyamuk/

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe