Yuk Kenali Daur Hidup Semut!

Y
Yuk Kenali Daur Hidup Semut!

Si serangga kecil nan imut ini sering kali membuat kamu kesal karena kehadirannya. Bagaimana tidak si serangga kecil ini selain membuat gatal karena gigitannya juga sering mengerumuni makanan kita terutama yang mengandung gula. Kamu juga tahu jika semut selalu datang tidak sendiri melainkan berkelompok dalam jumlah yang banyak. Bagaimana daur hidup semut hingga bisa menghasilkan banyak keturunan semut ? Yuk mari baca dan pahami bagaimana daur hidup semut !

Daur Hidup Semut

Seperti serangga lain yang mengalami metamorphosis sempurna, siklus hidup semut juga termasuk yang mengalami metamorphosis sempurna. Daur hidup semut meliputi empat tahap yaitu telur, larva, pupa, sampai semut dewasa. Seluruh proses siklus hidup semut tersebut memakan waktu hingg 60 hari. Dengan kamu mengetahui daur hidup semut dapat membantu kamu mencegah perkembang biakan semut di rumah kamu. Yuk simak !

Tahap telur

Daur hidup semut dimulai dengan tahap telur. Telur semut berbentuk lonjong, berukuran kecil, lembut dan berwarna putih. Tidak semua telur dapat menetas menjadi larva, sebagain telur semut bahkan dimakan oleh sesama semut lagi. Telur semut yang dibuahi menghasilkan semut betia dan telur semut yang tidak dibuahi menghasilkan semut jantan.

Tahukah kamu berapa telur yang dapat dihasilkan semut ? Jawabannya tergantung dari jenis semut, ada salah satu jenis semut yang menghasilkan hingga 300.000 telur dalam satu hari. Wow jumlah yang sangat banyak bukan. Fase telur hingga menetas menjadi larva membutuhkan waktu sekitar 9-10 hari.

Tahap larva

Tahap daur hidup semut selanjutnya setelah telur yaitu tahap larva. Telur semut menetas menjadi larva berbentuk cacing tanpa mata atau kaki. Larva yang baru menetas menjadi larva instar 1 berwarna putih. Pada tahap larva yang baru menetas ini mendapatkan asupan makanan dari induknya. Larva akan mengalami beberapa kali pergantian kulit dan berganti ukuran dengan cepat. Pada tahap larva untuk mendapatkan sumber makanan akan bergantung dari semut-semut di sekitarnya.

Tahap pupa

Setelah mengalami pergantian kulit beberapa kali kemudian semut memasuki tahap pupa. Pada tahap pupa ini semut memiliki bentuk tubuh seperti semut dewasa hanya saja teksturnya lebih lunak dan tidak aktif. Ketika semua organ semut sudah lengkap semut pekerja akan menarik semut tersebut dari dalam pupa dan menjadi semut muda. Kaki dan antena semut pada tahap pupa ini terlipat pada tubuhnya. Warna yang sebelumnya putih secara perlahan berubah menjadi gelap.

Semut dewasa

Semut muda akan berkembang biak menjadi semut dewasa hanya selang beberapa hari saja. Tahap semut muda yang berwarna lebih terang akan berganti menjadi berwarna gelap setelah memasuki semut dewasa. Semut-semut dewasa inilah yang bisa saja mengerumuti makanan atau sisa makanan di rumah kamu dan siap untuk berkembang biak mengulangi daur hidup semut seperti awal. Untuk menjaga agar salah satu sudut ruangan di rumah kamu tidak di kerumuti semut di jaga ya kebersihannya.

Baca juga: Yuk Kenali Jenis Semut di Indonesia Agar Kamu Bisa Mencegahnya!

Cara Membedakan Semut Betina dan Semut Jantan

Jika semut bisa bertelur dan menghasilkan keturunan itu artinya ada semut betina dan semut jantan yang melakukan proses reproduksi perembang biakan semut. Lalu apakah kamu mengetahui perbedaan dari semut betina dan semut jantan ? Ini dia perbedaan dari semut betina dan juga smeut jantan !

Ratu

Setiap koloni semut pasti memiliki ratu setidaknya satu ratu dalam satu koloni. Hanya beberapa jenis semut saja yang memiliki dua ratu. Ratu seperti dalam kehidupan manusia yang seorang perempuan begitu juga pada semut ratu adalah betina. Semut ratu adalah semut betina yang bisa bertelur karena semut betina selain ratu tidak bisa menghasilkan telur. Semut ratu berukuran lebih besar dari semut betina lainnya. Ratu semut yang kemudian akan bertelur dan menghasilkan semut-semut lainnya.

Drone

Drone adalah semut jantan untuk membedakan dengan semut betina semut jantan ini memiliki sayap yang berfungsi untuk membuahi semut ratu. Setelah selsai melakukan pembuahan pada semut rartu, sayap semut jantan akan berfungsi sebagai tirai. Setelah selsai melakukan tugasnya untuk membuahi semut ratu tak lama kemudian semut jantan tersebut akan mati hanya selang beberapa minggu. Satu lagi yang perlu kamu ketahui bahwa ternyata semut jantan tidak bertugas untuk mengumpulkan makanan atau membangun sarang loh.

Semut pekerja

Semut pekerja adalah semut betina selain ratu, jadi jika semut ratu bisa bertelur semut pekerja ini tidak bisa menghasilkan telur. Kasta pekerja ini lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan semut ratu atau semut jantan. Semut pekerja ini memiliki tugas penting untuk mencari makan, membuat sarang, menyimpan makanan dan merawat larva. Semut pekerja ini ternyata bisa hidup hingga tujuh tahun loh, wah lama juga ya.

Nah itu dia perjalanan daur hidup semut dari tahap telur sampai menjadi semut dewasa, kamu juga telah mengetahui perbedaan antara semut jantan dan betina. Untuk menghindari sudut-sudut rumah kamu menjadi sarang semut yang dapat mengganggu, kamu perlu menjaga kebersihan rumah dan harus secara berkala di bersihkan.


Sumber:

https://www.familyhandyman.com/article/ant-life-cycle/

https://askabiologist.asu.edu/individual-life-cycle

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe