biaya sambungan baru PLN

Adanya NIDI, Biaya Sambungan Baru PLN Makin Tinggi

Berdasarkan pengalaman mengunakan aplikasi PLN Mobile untuk tambah daya tarif rumah tangga pada akhit tahun 2021. Saya merasakan layanan PLN kini semakin praktis, cepat dan bebas dari calo. Karena itu, saya mencoba pasang atau sambungan baru PLN tarif bisnis 900 VA melalui aplikasi tersebut. Namun, selalu gagal karena belum ada NIDI.

Nah, apa itu NIDI?

NIDI merupakan akta lahir dari suatu instalasi tenaga listrik yang memuat detail informasi dari sebuah instalasi tenaga listrik. NIDI digunakan sebagai prasyarat untuk permohonan Sertifikasi Laik Operasi (SLO).

Pemberian NIDI berdasarkan hasil pelaporan pekerjaan yang dilakukan oleh instalatir listrik dari badan usaha pemegang izin usaha melalui Aplikasi Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik. Aturan ini mulai diterapkan pada 17 Januari 2022 sehingga belum terintegrasi pada aplikasi PLN Mobile.

Intinya, saya harus mencari jasa instalatir listrik yang berbadan hukum untuk pengurusan NIDI. Saya mendapatkan beberapa jasa paket NIDI dan SLO mulai dari Rp 250.000-Rp 300.000 untuk sambungan baru pln daya 900 VA.

Biaya Sambung Baru 900 VA setelah berlakunya NIDI.

Jika berdasakan simulasi pasang baru di daerah saya biaya paket SLO dan pasang baru hanya sekitar Rp 908.000,- . Biaya ini sudah termasuk SLO  Rp 60.000 dan token Rp 5.000.

Nah, dengan adanya NIDI saya harus mengeluarkan tambahan sekitar Rp 240.000,- untuk biaya NIDI.

Jadi, totalnya Rp 908.000 + Rp 240.000 = Rp 1.148.000,-. Berserta 3 kali kunjungan, pertama pengurusan NIDI, kedua SLO dan terakhir verifikasi usaha (untuk tarif bisnis)

Proses Pasang Baru PLN Tarif Bisnis

Setelah keluarnya NIDI dan SLO, saya dibuatkan No register/ No agenda untuk pembayaran pasang baru. Pembayaran pada tanggal 9 Maret 2022. Besok paginya sudah dikunjungi pihak PLN untuk verifikasi usaha.

Sertifikat NIDI

Saya menyiapkan NIB (Nomer Ijin Berusaha) dan KTP. Kini Surat Ijin Usaha dapat diurus secara online melalui Sistem Online Single Submission (OSS). Petugas mengambil foto saya dan kios.

Dua hari kemudian, tanggal 11 Maret 2022 rekanan PLN melakukan sambungan baru dan listrik NYALA. Proses ini menurut saya relatif cepat dan bebas calo.


Referensi

Pasang Instalasi Listrik Baru Wajib Punya Nomor Identitas | Republika Online

10 thoughts on “Adanya NIDI, Biaya Sambungan Baru PLN Makin Tinggi”

  1. halo kak, mau tanya untuk mendapatkan nidi itu diminta uang sebesar 240rb langsung kasih ke teknisinya atau gimana ya ka?

    1. Langsung kak, nominal segitu termasuk biaya SLO, jadi setelah punya SLO tinggal bayar ke PLN. Di Facebook marketplace malah ada yang nawarin NIDI cuma 100k.

  2. langkah mundur, ketemu manusia2 lagi yg gak ada patokan tarifnya, akhirnya tawar menawar, saya kena 450.000 ☹️☹️.
    padahal dulu udah enak di app pln mobile, isi data, transfer, beres.
    skr dibuka lagi peluang KKN.
    HARUSNYA konsumen tinggal transfer sesuai tarif yg tertera dalam 1 app.
    TAPIIII…
    KALAU BISA RIBET KNP DIBIKIN GAMPANG 😀😀😀

  3. Mas, saya kan sudah pasang instalasi listrik oleh tukang. Nah itu apa bs dapat nidi? Caranya gmn ya mas?

    1. Order saja NIDI sekalian SLO pada instalatir berizin. Untuk di Bali banyak yang menawarkan jasa NIDI sepaket dengan SLO di marketplace/group facebook. Daerah lain mungkin kurang lebih sama.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *