Ini Dia Cara Mengusir Semut Yang Ampuh dan Alami

I
Ini Dia Cara Mengusir Semut Yang Ampuh dan Alami

Keberadaan serangga yang identik menyukai makanan manis ini sering membuat khawatir apalagi jika jenis semut tersebut membahayakan seperti jenis semut api. Ketika kamu melihat koloni semut yang berjajar atau mengerumuni sesuatu di dalam rumah mu yang terlintas di pikiran kamu bagaimana cara mengusir semut yang ampuh tersebut ? Yuk baca dan pahami bagaimana cara mengusir semut agar tidak datang lagi !

Bahan-Bahan Alami Untuk Mengusir Semut

Sebagian besar dari kamu mungkin tidak akan tega jika menusir semut dengan cara membunuhnya. Ada cara lain yang lebih halus untuk mengusir semut di rumah kamu dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan. Bahan-bahan yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan semut adalah sebagai berikut. Yuk baca dan pahami !

Bubuk kopi atau ampas kopi

Bubuk kopi yang sering di konsumsi atau bahkan ampas kopi yang sering kita buang ternyata dapat digunakan untuk mengusir semut. Loh ko bisa ? Ternyata si serangga kecil ini tidak menyukai aroma bubuk kopi yang menyengat. Kamu bisa menggunakan bubuk kopi atau ampas kopi yang sudah kering sebagai cara menghilangkan semut. Aroma dari bubuk atau ampas kopi tersebut membuat semut tidak berani mendekat.

Cabe bubuk atau lada

Bahan yang ada di dapur rumah kamuy aitu cabe bubuk atau lada bisa juga kamu gunakan untuk mengusir semut yang ampuh. Ternyata semut tidak menyukai aroma lada bubuk hitam atau cabe bubuk yang panas dan pedas. Kamu cukup menaburkan cabe bubuk atau lada hitam bubuk di permukaan yang sering dilalui semut.

Cuka

Cuka yang sering kamu tambahkan di semangkok baso ternyata dapat juga digunakan untuk mengusir semut, bahkan cuka tidak hanya mengusir tetapi bisa juga membunuh semut. Semut tidak tahan dengan bau cuka yang menyengat walaupun cuka tersebut sudah kering. Kamu cukup mencampurkan cuka dengan sedikit air lalu menyemprotkannya ke permukaan yang sering dilalui oleh semut.

Bedak tabur

Selain bahan-bahan di dapur yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengusir semut, kamu juga bisa menggunakan bedak tabur untuk mengusir semut. Perlu kamu ketahui ternyata semut tidak suka berjalan melewati bubuk-bubuk apalagi jika bubuk tersebut menempel di tubuhnya. Caranya kamu cukup menaburkan bubuk bedak di dekat sarang semut.

Lemon

Lemon juga ternyata bisa kamu gunakan untuk mengusir semut. Ternyata si semut tidak menyukai aroma asam dari buah lemon ini, untuk itu lemon dapat kamu gunakan untuk mengusir semut. Cara mengusir semut dengan buah lemon kamu cukup menyemprotkan cairan buah lemon ke tempat-tempat yang biasanya dilalui semut.

Bubuk kayu manis

Bahan yang sering ada di dapur yang bisa kamu gunakan untuk mengusir semut adalah bubuk kayu manis. Bubuk kayu manis dapat mengganggu jalur semut sehingga semut tidak akan bisa melalui jalan tersebut. Selain bubuk kayu manis kamu juga dapat menggunakan batang kayu manis atau minyak essensial kayu manis untuk mengusir semut.

Asam borat

Selain bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan di lemari dapur, kamu juga bisa menggunakan asam borat sebagai cara mengusir semut yang ampuh. Bahan kimia yang satu ini bisa kamu beli di toko-toko yang menjual bahan-bahan kimia. Caranya kamu bisa langsung menaburkan asam borat di sarang semut. Selain itu kamu juga bisa membuat cairan asam borat yang dicampurkan dengan air hangat, teh dan juga gula setelah kamu larutkan kamu cukup menyemprotkannya pada arena sarang semut.

Tepung maizena

Tepung maizena atau tepung jagung bisa juga kamu gunakan untuk mengusir semut. Ternyata jika semut memakan tepung maizena akan mengembang di dalam perutnya dan semut akan mati. Kamu cukup menaburkan di sekitar sarang semut. Jika kamu tidak mau menggunakan kapur kamu bisa membuat garis pembatas dengan menggunakan tepung maizena ini untuk mengusir  semut yang akan mendekat.

Baca juga: Yuk Kenali Daur Hidup Semut!

Cara Mengusir Semut Rumahan Dan Semut Berbahaya

Kamu pernah mendengar atau kamu sudah mengetahui jika semut memiliki beragam jenis. Kamu juga mungkin memiliki pertanyaan apakah cara mengusir semutnya sama ? Dengan bahan atau media yang sama ? Jawabannya berbeda-beda tergantung jenis semut yang akan kamu usir. Untuk itu kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mengusir jenis semut rumahan dan berbahaya.

Cara mengusir semut api

Semut api dikenal sebagai semut yang berbahaya karena jika terkena gigitannya akan menyebabkan kulit kamu iritasi dan gata-gata. Semut api yang juga bisa memasuki rumah membuat kamu perlu waspada dan harus segera mengusirnya jika kamu menemukan keberadaanya di dalam rumah. Bagaimana ara mengusir semut merah ini ? Cara sederhana yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur seperti larutan cuka, bubuk lada atau cabai, kayu manis atau lemon.

Cara mengusir semut firaun

Jenis semut firaun adalah jenis semut yang bisa kamu temukan di dalam rumah. Walaupun jenis semut firaun ini tidak menyengat dan tidak terlalu membhayakan tetap saja keberadaannya mengganggu. Cara mengusir semut firaun jangan pernah kamu gunakan cairan pembasmi karena malah akan semakin menambah banyak koloni semut ini. Metode sederhananya kamu bisa menggunakan bahan lain untuk mengusirnya seperti bedak tabur atau tepung maizena.

Cara mengusir semut hantu

Semut hantu atau semut gula masuk kedalam rumah karena rumah kita menyimpan sumber makanan terutama yang mengandung gula. Jika kamu lupa untuk segera membereskan sisa makanan yang berserakan itu akan cepat mengundang kehadiran semut hantu ini. Jika sudah ada di rumah bagaimana cara mengusir jenis semut ini ? Untuk mengusir semut hantu ini kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti bubuk kayu manis atau bubuk kopi.

Cara mengusir semut tukang kayu

Semut tukang kayu juga termasuk jenis semut rumahan yang bisa saja masuk kedalam rumah kamu. Walaupun semut ini tidak membahayakan manusia tetap saja keberadaanya mengganggu karena akan merusak struktur kayu yang ada di rumah. Bagaimana cara mengusir semut tukang kayu ini ? Kamu bisa menggunakan potongan buah lemon untuk memancing semut kayu ini keluar untuk kamu bersihkan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan asam borat dengan cara menaburkannya di sarang dan sekitar sarang semut tukang kayu.

Keberadaan semut bisa terlebih dahulu kamu cegah dengan membereskan dan membersihkan lingkungan rumah mu secara berkala. Tetapi jika sudah terlanjur semut itu ada di rumah yang kamu harus lakukan adalah mengusirnya agar tidak berkembang biak lebih banyak lagi. Cara mengusir semut yang ampuh dan alami bisa menggunakan bahan-bahan alami tergantung jenis semut apa yang akan kamu basmi. Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana dan menggunakan bahan apa untuk mengusir semut.


Sumber :

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengusir-semut-membandel-di-rumah

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/9-cara-mengusir-semut-di-rumah/

https://www.rentokil.co.id/tips-mudah-mengendalikan-hama/fakta-menarik-tentang-hama/4-spesies-semut-paling-sering-ditemukan-di-rumah/

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe