6 Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami

6
6 Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami

Kutu beras merupakan salah satu binatang yang mungkin secara tidak sengaja dapat kita makan. Ya, pada dasarnya kutu beras tidak berbahaya bagi manusia dan bahkan kutu beras dapat dimakan oleh manusia. Hanya saja, bagi Sebagian orang kutu beras dapat menyebabkan reaksi alergi dan hal tersebut lah yang menyebabkan kenapa kutu beras menjadi berbahaya. Berikut 6 cara menghilangkan kutu beras secara alami.

Identifikasi Kutu Beras

kutu beras (Sitophilus oryzae), kumbang bubuk beras
Kutu beras (Sitophilus oryzae)

Hewan yang dalam bahasa Inggris disebut rice weevil atau Sitophilus oryzae ini berukuran 1/10 inchi atau 2-3mm ini mampu bertelur sampai 4 butir per-hari nya.

Akibat dari serangan kutu beras menyebapkan butir-butir beras menjadi borlubang kecil-kecil, sehingga mengakibatkan beras menjadi mudah pecah dan remuk menjadi tepung.

Hal ini sering kita temukan pada butiran beras yang terserang, dalam keadaan rusak dan bercampur tepung dipersatukan oleh air liur larva sehingga kualitasnya menjadi rendah karena rasanya tidak enak dan berbau apek.

cara menghilangkan kutu beras
Beras rusak akibat serangan kutu beras

Bayangkan, apabila Anda biarkan kutu beras berlama-lama dalam kantong penyimpanan beras atau karung beras Anda? Ada berapa kutu beras disana…

Oleh karena itu, Anda datang ke tempat yang tepat! Pasalnya di bawah ini, akan kami uraikan, bagaimana cara mudah untuk menghilangkan kutu beras secara alami, baik itu di wadah maupun di ketika disimpan dalam karung.

Baca juga: 5 Jenis Kumbang Bubuk Kayu di Indonesia

1. Jemur Beras di Bawah Sinar Matahari

Cara paling mudah dan sudah terbukti ampuh adalah dengan menjemur beras di bawah terik matahari. Kutu beras bukanlah hewan yang dapat bertahan lama di bawah suhu panas.

Oleh karena itu saat beras tersebut Anda jemur, kutu beras akan langsung mati atau bahkan mereka yang bertahan akan bermigrasi dan pergi dari beras-beras Anda.

Selain itu, kelembapan yang terlalu rendah, dapat menyebabkan kematian yang cukup tinggi terhadap telur, larva dan terutama imago.

2. Beras Ditutup dengan Kain Basah

Ini adalah solusi yang dapat Anda manfaatkan apabila beras masih tersimpan di dalam karung. Anda dapat menutup permukaan karung-karung tersebut dengan kain basah.

Kutu beras sebenarnya merupakan hewan yang tinggal pada permukaan sejuk dan lembab. Dengan membasahi permukaannya dengan kain basah, maka Kutu Beras akan tidak betah dan akhirnya pergi dari beras-beras Anda.

3. Menggunakan Daun Salam

Daun yang satu ini memang memiliki aroma yang cukup kuat. Namun untuk kita, biasanya aroma daun salam itu tidak terlalu mengganggu dan bahkan dapat melezatkan makanan. Beruntungnya, aroma daun salam ternyata tidak disukai oleh para Kutu Beras, sehingga

Anda dapat meletakan daun salam yang sudah kering ke dalam tempat penyimpanan beras Anda. Dijamin! dengan begini kutu beras pun akan pergi dengan sendirinya.

4. Meletakan Bubuk Kopi

Langkah lain untuk mengusir kutu beras adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Ingat! Bubuk kopi ini tidak langsung ditaburkan ke dalam berasnya ya, tetapi menggunakan media plastic lain yang atasnya (atau permukaan lainnya) sudah dilubangi senghingga aroma kopi menjadi keluar.

Nah, aroma ini lah yang akhirnya dapat mengusir para kutu beras yang hinggap di beras- beras Anda. Cara ini cukup unik, tapi jangan melakukan hal konyol ya, dengan membuat bubuk kopi tercampur dalam beras, pasalnya bila itu terjadi maka beras pun akan pahit akibat kopi tadi.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih atau Kutu Kebul

5. Menaburkan Biji Cengkeh

Selain daun salam, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan biji cengkeh. Sama halnya dengan daun salam, kita sebagai manusia mungkin menyukai biji cengkeh ini sebagai tambahan untuk menambah kelezatan dari makanan, bahkan kalau dicampurkan dalam pembuatan nasi, biji cengkeh membuat nasi harum dan dapat menambah nafsu makan.

Namun tidak untuk kutu beras. Untuk para kutu beras, aroma biji cengkeh merupakan bau yang tidak sedap sehingga mereka tidak akan betah tinggal di beras-beras Anda dan secara mandiri akan pergi meninggalkan beras Anda.

6. Menggunakan Bawang Putih

Selanjutnya yang terakhir adalah menggunakan Bawang Putih. Sebenarnya cara ini dapat menimbulkan rasa dari suatu beras ketika dimasak menjadi nasi berubah. Namun Anda dapat mencobanya. Anda tinggal masukan saja bawang putih yang sudah diiris ke dalam tempat penyimpanan beras Anda.

Pencegahan Adalah Cara Terbaik untuk Menghilangkan Kutu Beras

Seperti halnya hama gudang pada umumnya, pengendalian kutu beras dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Kelembaban tempat penyimpanan beras diusahakan kurang dari 80%. Kutu beras tak dapat hidup dalam kelembaban yang serendah itu.
  2. Beras disimpan dalam kantung plastik atau kaleng ditutup rapat.
  3. Jemur bahan-bahan yang terserang pada terik sinar matahari.
  4. Jika beras yang terserang dalam gudang penyimpanan, maka gudang beras harus disemprot dengan melathiaon 12 ppm atau fumigasi.

Demikianlah 6 cara menghilangkan kutu beras secara alami dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe