4 Cara Menghilangkan Kutu Putih pada Tanaman

4
4 Cara Menghilangkan Kutu Putih pada Tanaman

Bagaimana cara menghilangkan kutu putih atau kutu kebul ? Bagi pencinta tanaman, seharusnya kutu putih sudah bukan lagi hal yang aneh dan baru untuk dihadapi. Kutu putih sebenarnya bisa dikategorikan dalam beberapa spesifikasi yang berbeda. Namun, mari kita bicarakan yang umum di Indonesia.

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, yang di mana negara dengan iklim tersebut menjadi “rumah” bagi kutu putih. Nah, bila diperhatikan ada 2 (dua) jenis kutu putih yang lebih dikenal di masyarakat yaitu; Mealybug dan Whiteflies. Apa perbedaan kedua hama tersebut?

Secara singkat Mealybug adalah serangga yang berpotensi menjadi hama dengan ukuran tubuh rata-rata 3 mm. Apabila suatu tanaman dihinggapi atau diserang oleh serangga ini maka biasanya tanaman tersebut menjadi abnormal (daun menguning, keriting dan mengering).

Apabila menyerang buah, maka buah menjadi distorsi, kering, dan rasa menjadi hambar.

Lalu selanjutnya adalah Whiteflies, ketika dewasa ukuran serangga yang satu ini lebih kecil daripada Mealybug yaitu hanya memiliki rata-rata ukuran tubuh 1 sampai 3 mm saja.

Hampir mirip dengan Mealybug, Whiteflies dapat membuat kemampuan fotosintesis tumbuhan menjadi berkurang. Mealybug pun menghasilkan madu. Madunya tersebut menjadi makanan untuk para semut. Sehingga biasanya ketika tumbuhan Anda diserang oleh Whiteflies, maka biasanya di sana terdapat para semut juga.

Dari kedua perbedaan dan kemiripan jenis kutu putih tersebut, tentunya dapat diatasi bahkan hanya dengan hanya bermodalkan bahan-bahan alami saja.

Baca juga: Cara membuat Pestisida Alami dari Daun Pepaya

Apa saja bahan alami untuk menghilangkan kutu putih pada tanaman itu? Berikut adalah kiat-kiat menghilangkan kutu putih pada tanaman:

1. Semprot dengan air dan minyak mimba

Minyak mimba atau neem oil ini adalah salah satu Insektisida alami yang dapat Anda gunakan untuk tanaman. Minyak ini tentunya sangat aman bagi tanaman. Karena tidak akan menarik perhatian lebah sehingga cukup ideal untuk ekosistem sekitar tanaman Anda.

Cara mengatasi kutu putih dengan minyak mimba cukup sederhana, yaitu tinggal menyeprotkannya saja menggunakan kombinasi air.

2. Gunakan Plastik Mulsa

Bila Anda pergi ke pesawahan dan melihat para petani menggunakan jenis plastik di bagian bawah tanaman. Plastik itu mencegah serangan dari kutu putih ini. Karena pada dasarnya kutu putih tidak suka dengan sinar matahari, dan dia bertahan di lingkungan yang lembab.

Nah, fungsi dari plastik mulsa ini adalah memantulkan sinar matahari ke balik dedaunan tanaman. Sehingga kutu putih tidak hinggap di balik dedaunan yang terkena pantulan sinar dari plastik mulsa tersebut.

3. Kendalikan Semut

Permasalahnnya adalah bukan karena semut yang menyebabkan tanaman Anda menjadi jelek atau bahkan mati. Namun semut adalah permasalahan bagaimana Kutu Putih dapat bermigrasi dari satu tanaman ke tanaman lain.

Mereka (Kutu Putih) Menggunakan semut sebagai kendaraan untuk berpindah tempat dengan mudah.

Baca juga: Cara Membuat Disinfektan Alami

4. Semprotkan Sabun Cuci Piring

Anda dapat mengatasi kutu putih dengan mengandalkan sabun cuci piring yang sudah dikocok dengan air. Sabun cuci piring dapat meluruhkan lapisan lilin yang melindungi kutu putih apabila mereka terkena sinar matahari langsung.

Nah, dengan lapisan lilin tersebut meluruh dari kutu putih. Ketika mereka (kutu putih) terkena sinar matahari, maka kutu putih pun akan kabur bahkan mati.

Itu dia t4 (empat) cara mengatasi kutu putih yang dapat menganggu keindahan bahkan produksi tanaman Anda. Bagaimana menurut Anda?

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe