Low Budget! Begini Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Sunlight

L
cara menghilangkan kutu kucing dan anjing dengan sunlight

Kucing adalah salah satu teman bermain Anda yang sangat menggemaskan. Sikapnya yang selalu tak terduga membuatnya kian populer di kalangan pecinta binatang.

Tak hanya sikap nya yang menggemaskan, corak pada bulu serta warna matanya yang indah, membuat siapapun akan jatuh hati kepada hewan yang satu ini.

Di balik tingkahnya yang lucu, ternyata kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat rentan terkena kutu, baik di bagian badannya maupun area telinga.

Sifat pemalasnya yang dengan mudah tidur dimana saja, menjadi salah satu alasan mengapa kucing kerap terkena infeksi kutu.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memandikannya secara rutin dengan shampo khusus kutu kucing yang harganya terbilang mahal.

Tapi tenang saja! Bagi Anda yang low budget, Anda dapat memanfaatkan sabun cuci piring sunlight yang dinilai ampuh dalam membasmi kutu kucing.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight? Berikut ulasannya!

Proses memandikan kucing dengan sunlight

Hampir seluruh komunitas pecinta kucing memberikan ulasan mereka, bahwa sabun cuci piring sunlight memang sangat ampuh dalam membasmi kutu kucing.

Harganya yang terjangkau dan ekonomis, membuat mereka lebih memilih menggunakan produk ini daripada produk yang dijual di toko hewan.

obat kutu kuncing ampuh dengan sunlight
Photo by Brad Pearson on Unsplash

Apabila Anda ingin menggunakannya juga, berikut langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan,

  1. Agar teman berbulu Anda tidak terkejut, sebaiknya siapkan air hangat di bathtub atau tempat yang biasa Anda gunakan untuk memandikannya.
  2. Adapun cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan memasukan air hangat ke dalam botol spray, lalu semprotkan secara merata ke tubuh meong.
  3. Kemudian, teteskan sabun cuci piring sunlight secukupnya ke bulu kucing dan mulai gosok secara perlahan.
  4. Pastikan Anda menggosok ke seluruh bagian tubuh nya, termasuk bagian perut yang rentan dihinggapi kutu.
  5. Lalu, bilas kucing dengan air mengalir dan pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal.
  6. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk bersih atau hairdryer.

Apakah sunlight aman untuk kucing kesayangan?

apakah sabun cuci piring atau sunlight aman bagi kucing dan anjing

Sederhananya, sabun cuci piring mampu membunuh eksoskeleton kutu, yaitu salah satu kerangka terluar dari bagian kutu.

Dalam beberapa menit, kutu-kutu yang menempel akan mulai berjatuhan dan ikut hanyut bersama air saat pembilasan.

Hal di atas juga diperkuat dengan banyaknya pengalaman positif para pemilik kucing yang merasa puas menggunakan sabun cuci piring.

Mereka mengatakan bahwa sabun cuci piring merupakan salah satu ‘investasi’ yang baik yang bisa dicoba, khususnya bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Namun apabila Anda masih ragu, coba lakukan tes alergi dengan memberikan setetes sunlight pada kucing Anda.

Perhatikan apakah ada tanda-tanda alergi di tubuhnya. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan proses sesuai dengan langkah di atas. Namun, apabila ada gejala alergi, konsultasikan hal ini ke Vet langganan Anda.

Selain dengan sabun cuci piring anda bisa menghilangkan kutu kucing dengan bahan-bahan alami seperti cuku, jeruk nipis, garam dan lain sebagaimanya simak pada artikel berikut 7 Cara Membasmi Kutu Kucing Secara Alami. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe