Tips Cara Mengusir Kaki Seribu Secara Alami

T
Tips Cara Mengusir Kaki Seribu Secara Alami

Kaki seribu atau dikenal dengan sebutan keluwing seringkali membuat resah masyarakat karena dianggap mirip kelabang. Banyak orang mencari cara membasmi kaki seribu karena merasa jijik dan geli dengan banyaknya kaki di tubuhnya. Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa kaki seribu tidak berbisa, namun ada pula yang mengatakan bahwa hewan ini berbisa. Nah, artikel kali ini akan mengulas tuntas tentang fakta-fakta hingga cara mengusir kaki seribu secara alami.

Identifikasi Kaki Seribu

Banyak orang yang salah mengira kaki seribu sama dengan kelabang, padahal keduanya jelas berbeda. Kaki seribu merupakan hewan herbivora sementara kelabang termasuk karnivora yang menggunakan racun untuk melindungi diri. Jika kelabang mempunyai antena di bagian kepala dan belakang sedangkan antena kaki seribu  hanya terdapat di bagian kepala saja.

Perbedaan kaki seribu dan kelabang
Perbedaan kaki seribu dan kelabang

Kaki seribu termasuk hewan arthropoda yang jika terancam akan melindungi diri dengan melingkar. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Biasanya mereka menyimpan  telur di bawah tanah agar aman dari serangan predator.

cara mengusir kaki seribu secara alami
cara mengusir atau membasmi keluwing dari rumah
Kiri: Kaki seribu akan melingkar jika merasa terancam. Kanan: Harpaphe haydeniana 

Sekalipun disebut hewan kaki seribu namun jumlah kaki yang sebenarnya kurang lebih hanya berjumlah 100 kaki, tergantung pada ukuran badannya. Kaki seribu sangat cocok tinggal di dalam hutan yang lembap juga berlumut. Sebab tubuh mereka membutuhkan cairan untuk bertahan hidup.

Makanan utama kaki seribu adalah sisa tumbuhan yang sudah busuk, jamur atau lumut. Kotoran kaki seribu dapat berperan dalam meningkatkan kesuburan tanaman.

Baca juga: Begini Cara Mengusir Kelabang Secara Alami

Ini Alasan Mengapa Kaki Seribu Masuk ke Dalam Rumah

Seringkali Kamu menemukan kaki seribu di dalam rumah, sebab mereka sedang mencari tempat untuk berlindung ketika suhu panas atau dingin.  Mereka sangat menyukai tempat gelap dan lembap, sehingga area garasi yang gelap, toilet, tempat cuci pakaian menjadi tujuan kaki seribu bersembunyi.

Kaki Seribu, Berbahaya atau Tidak?

Pada dasarnya kaki seribu tidak berbisa seperti halnya kelabang. Akan tetapi, jangan sekali-kali mendekatkan kaki seribu pada area mata. Karena hewan ini dapat menyemprotkan cairan racun ketika merasa terancam. Cairan yang disemprotkan ini cukup berbahaya apabila terkena mata.

Jika Kamu merasa geli atau resah dengan keberadaan kaki seribu di sekitar rumah, segera lakukan pengusiran hewan ini.

Cara Mengusir Kaki Seribu Secara Alami

Berikut cara membasmi kaki seribu, antara lain:

1. Perbanyak akses sinar matahari masuk

Cara mengusir kaki seribu yang pertama adalah mengurangi area lembap di dalam rumah yang sangat disukai hewan ini. Jika perlu perbanyak akses masuk sinar matahari untuk mengurangi area lembap.

2. Rutin membersihkan rumah dengan karbol

Hama kaki seribu tidak menyukai bau-bauan yang sangat menyengat. Oleh karena itulah, Kamu bisa menggunakan karbol atau pewangi lantai lainnya untuk mengusir kaki seribu, khususnya aroma pohon pinus..

3. Menggunakan air panas

Untuk mengusir kaki seribu, Kamu bisa menggunakan air mendidih yang disemprot atau dituang ke area rumah yang terdapat kaki seribu. Air panas yang dituangkan akan membuat kaki seribu kepanasan hingga ogah mendatangi lokasi tersebut.

4. Daun pandan

Daun pandan dapat mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh kaki seribu. Kaki seribu yang menghirup wangi daun pandan akan mabuk bahkan dapat menyebabkan mati.

5. Menaburkan dapur garam dan merica

Taburan garam ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kaki seribu. Caranya cukup mudah, yaitu menabur garam pada area yang sering dijadikan tempat sembunyi kaki seribu.  Garam akan membuat kaki seribu kesakitan dan sulit bergerak.

Selain  menggunakan garam, Kamu juga bisa mengusir kaki seribu dengan merica.

6. Menggunakan kapur semut

Kaki seribu tidak menyukai bau dari kapur semut, buatlah garis di seluruh akses yang biasa digunakan kaki seribu masuk ke dalam rumah.

Demikianlah uraian singkat tentang cara mengusir kaki seribu, semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe