Bagaimana Cara Mengusir Lalat Di Siang Hari?

B
Bagaimana Cara Mengusir Lalat Di Siang Hari?

Keberadaan lalat di rumah memang bisa sangat mengganggu. Selain kemunculannya yang bikin risih, lalat juga bisa menyebarkan berbagai macam bakteri dan penyebab penyakit. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mengusir lalat di siang hari dan malam hari. Berikut beberapa cara mengusir lalat dengan cepat yang bisa Anda lakukan di rumah.

Cara Mengusir Lalat di Rumah

Lalat sangat senang berkeliaran di tempat sumber makanan mereka banyak tersedia. Mereka tidak hanya mengincar sampah atau bangkai, bahkan mereka juga suka makanan fresh atau segar yang memiliki bau khas. Makanya tidak heran jika lalat bisa masuk ke dalam rumah Anda. Untuk menghalau lalat masuk dan menyebarkan penyakit, berikut 5 cara mengusir lalat di rumah Anda.

1. Menyalakan Lilin

Ternyata, lalat tidak suka berada di ruangan berasap. Itulah kenapa menyalakan lilin bisa efektif sebagai cara mengusir lalat di rumah. Cara ini juga umum digunakan di rumah makan. Cukup nyalakan satu atau dua buah lilin, tergantung besarnya ruangan yang sering didatangi lalat. Tunggu beberapa saat hingga lalat kabur dari ruangan tersebut.

2. Menggantung Plastik Berisi Air

Jika Anda sering melihat plastik berisi air tergantung di warung, Anda mungkin menyadari hampir tidak ada lalat berkeliaran di sekitarnya. Menggantung plastik berisi air sangat ampuh sebagai cara mengusir lalat di siang hari. Hal ini dikarenakan air dalam plastik dapat membiaskan cahaya dan membuat 3000 – 6000 pasang mata lalat tidak fokus melihat. Karena kesulitan tersebut, lalat akhirnya pergi menjauh dari tempat tersebut.

3. Menebar Kapur Barus

Selain efektif mengusir semut dan kecoa, kapur barus juga ampuh mengusir lalat di rumah. Baunya yang cukup menyengat mampu menghalau lalat dan serangga lain masuk atau berada di suatu tempat. Anda bisa meletakan beberapa butir kapur barus di dekat pintu, jendela, atau ventilasi. Dengan begitu, lalat tidak akan bisa masuk ke dalam rumah Anda.

4. Meletakan Perangkap Lalat

Cara mengusir lalat dengan cepat dapat dilakukan dengan meletakan perangkap lalat dan membuangnya sejauh mungkin dari rumah Anda. Ada beberapa jenis perangkap lalat yang biasa digunakan di rumah.

Yang pertama adalah perangkap lalat dengan lem. Biasanya perangkap ini berbentuk kertas atau sedotan yang permukaannya sudah diolesi dengan lem lalat. Anda bisa meletakan umpan pada kertas perangkap atau meletakan sedotan lem lalat pada area yang sering didatangi lalat. Jika sudah banyak lalat yang terperangkap, Anda bisa langsung membuang perangkap tersebut jauh dari rumah Anda.

Jenis perangkap yang kedua adalah perangkap elektrik. Umpan pada perangkap ini menggunakan sinar ultraviolet yang dapat menarik lalat. Ketika lalat mendekati sumber sinar, sengatan listrik akan membunuh lalat. Anda bisa membuang bangkai lalat beberapa hari sekali. Selain untuk lalat, perangkap ini juga dapat digunakan untuk serangga lain seperti nyamuk dan kecoa.

5. Menggunakan Raket Listrik

Penggunaan raket listrik sepertinya sudah lumrah di berbagai rumah tangga. Alat ini berbentuk seperti raket bulutangkis yang bisa mengeluarkan sengatan listrik. Cara menggunakannya adalah dengan menyalakan tombol “on” lalu mengayunkannya ke dekat lalat hingga lalat tersetrum dan mati. Sama seperti perangkap lalat elektrik, raket listrik juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk yang mengganggu di rumah Anda.

Cara Mengusir Lalat Secara Alami

Selain 5 cara mengusir lalat dari rumah di atas, ada 5 cara mengusir lalat dengan cepat lainnya. Cara-cara ini menggunakan bahan alami yang bisa Anda temukan di dapur atau halaman. Berikut adalah 5 bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai cara mengusir lalat dengan cepat.

1. Irisan Daun Pandan

Wangi daun pandan yang harum ternyata kurang disukai oleh lalat. Karena itu, penggunaan irisan daun pandan dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengusir lalat di siang hari. Iris beberapa helai daun pandan hingga halus lalu letakan pada wadah terbuka seperti mangkuk atau toples. Letakan wadah tersebut di tempat yang sering dihinggapi lalat. Meletakan wadah berisi daun pandan juga bisa menjadi hiasan atau pajangan cantik di meja makan Anda.

2. Air Cengkeh

Aroma cengkeh yang kuat dan tajam sudah terkenal sebagai cara ampuh mengusir berbagai serangga di rumah. Cara ini ternyata juga ampuh mengusir lalat yang sering berkeliaran di rumah Anda. Rendam beberapa biji cengkeh di dalam air keran lalu letakan air rendaman tersebut di dapur atau area makan. Dijamin lalat akan pergi dan tidak kembali lagi.

3. Bunga Lavender

Tidak hanya ampuh mengusir nyamuk, bunga lavender ternyata juga mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh lalat. Bentuknya yang cantik juga sangat cocok untuk ditanam di dekat jendela atau diletakan di sudut ruangan dalam rumah. Dengan begitu, bunga lavender tidak hanya cocok sebagai cara mengusir lalat dengan cepat namun juga dapat mempercantik rumah dan ruangan Anda.

4. Cuka Apel

Bahan alami lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengusir lalat adalah cuka apel. Larutan cuka apel ini dapat Anda jadikan sebagai umpan perangkap alami di rumah. Caranya, tuangkan cuka apel ke dalam botol mineral bekas lalu tutup dengan kertas. Lubangi kertas tersebut sesuai dengan ukuran tubuh lalat lalu letakan di area yang sering didatangi lalat. Lalat yang tertarik dengan aroma cuka apel akan masuk ke dalam botol dan terendam dalam cuka apel hingga mati.

5. Campuran Bumbu Dapur

Beberapa bahan alami lain yang ampuh sebagai cara mengusir lalat dengan cepat adalah bumbu-bumbu dapur seperti kayu manis, bubuk cabai, dan bawang putih. Anda bisa membuat larutan dari campuran bahan-bahan tersebut dan menggunakannya sebagai pestisida.

Cara pembuatan larutan pengusir lalat adalah dengan menghaluskan kayu manis, bubuk cabai, dan bawang putih menggunakan blender. Kemudian, tuang air ke dalam campuran tersebut lalu aduk hingga rata. Saring hasil campuran bahan dapur ke dalam botol semprotan. Anda dapat menyemprotkan larutan tersebut saat menemukan lalat berkeliaran di area rumah Anda.

Demikianlah informasi cara mengusir lalat di siang hari. Semoga cara-cara mengusir lalat dengan cepat di atas dapat membantu Anda membasmi lalat di rumah. Selamat mencoba!


Referensi

Source:

https://www.dekoruma.com/artikel/86693/cara-mengusir-lalat

https://www.rumah.com/panduan-properti/cara-mengusir-lalat-praktis-dan-aman-14293

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengusir-lalat-dari-rumah/

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe