Pengertian Pest Control

P
Pengertian Pest Control

Pest Control  adalah pengaturan atau pengelolaan suatu spesies yang didefinisikan sebagai hama. Hama merupakan hewan atau tumbuhan yang mengganggu manusia atau kepentingan manusia.

Istilah hama banyak digunakan untuk spesies yang mengganggu pertanian, peternakan dan tempat tinggal.

Pest Control vs Pest Exterminator

Pembasmi hama (pest exterminator) dan Pengendali Hama sering kali dianggap sama, padahal keduanya menggunakan pendekatan yang berbeda.

Pembasmi hama umumnya menggunakan pestisida untuk membasmi hama tanpa memperhatikan penyebab serangan hama tersebut. Lebih mementingkan solusi cepat tanpa memperhatikan solusi jangka panjang.

Pest Control menggunakan pendekatan pengendalian hama terpadu (integrated pest management) untuk menemukan solusi jangka panjang permasalahan hama. Material dan pestisida yang digunakan harus aman bagi manusia, lingkungan dan hewan peliharaan.

Sejarah Pest Control

Pest control sudah ada sejak manusia mengenal sistem pertanian, karena tuntutan untuk menjaga tanaman bebas dari hama. Sejak 3000 Sebelum Masehi, kucing digunakan untuk mengendalikan hama gudang seperti tikus. 500 SM di Eropa, musang dipelihara sebagai pemburu tikus. Luwak diperkenalkan untuk mengendalikan hewan pengerat dan tikus oleh orang mesir kuno.

Pestisida kimia pertama kali digunakan sekitar 2500 SM, ketika bangsa Sumeria menggunakan senyawa belerang sebagai insektisida. Pest control modern dipicu oleh penyebaran kumbang kentang Colorado di seluruh Amerika Serikat. Setelah banyak diskusi, senyawa arsenik digunakan untuk mengendalikan kumbang dan prediksi keracunan pada populasi manusia tidak terjadi. Hal ini menyebabkan penerimaan insektisida secara luas di seluruh benua.

Dengan industrialisasi dan kemajuan sistem pertanian pada abad ke-18 dan 19, pengendalian hama kimia insektisida (pyrethrum dan derris) menjadi meluas. Pada abad ke-20, penemuan beberapa insektisida sintetis, seperti DDT , dan herbisida mendorong perkembangan ini.

Pengendalian biologis pertama kali tercatat sekitar 300 M di Cina, ketika koloni semut penenun, Oecophylla smaragdina, sengaja ditempatkan di perkebunan jeruk untuk mengendalikan kumbang dan ulat.  Selain itu bebek digunakan di sawah untuk memakan hama, seperti yang diilustrasikan dalam seni gua kuno.

Pada tahun 1762, seekor mynah India dibawa ke Mauritius untuk mengendalikan belalang, dan pada waktu yang sama, pohon jeruk di Burma dihubungkan dengan bambu untuk memungkinkan semut lewat di antara mereka dan membantu mengendalikan ulat. Pada tahun 1880-an, kepik digunakan di perkebunan jeruk di California untuk mengendalikan serangga sisik, dan eksperimen kontrol biologis lainnya mengikuti.

Pest Control pada Pemukiman, Industri & Perkotaan

Banyak hewan yang tidak diinginkan tinggal di kawasan pemukiman, industri maupun perkotaan. Beberapa mencemari bahan makanan, merusak struktur kayu, mengunyah kain, atau menempati gudang. Ada yang menimbulkan kerugian ekonomi yang besar, ada yang membawa penyakit dan beberapa yang hanya menggangu. Pengendalian hama dapat diterapkan dengan perbaikan sanitasi, pengendalian sampah, modifikasi habitat, umpan, perangkap dan pestisida.

Berikut merupakan metode pest control yang umum diterapkan pada pemukiman, Industri dan perkotaan.

Pest Control secara Fisik

Pest Control (Pengendalian hama) secara fisik adalah upaya atau usaha dalam memanfaatkan atau mengubah faktor lingkungan fisik sehingga dapat menurunkan populasi hama dan penyakit. Tindakan pengendalian hama secara fisik dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu pemanasan, pembakaran, pendinginan, pembasahan, pengeringan, lampu perangkap, radiasi sinar infra merah, gelombang suara dan penghalang/pagar/barier.

Metode ini merupakan metode yang paling kuno. Teknik ini memerlukan dukungan penelitian dan informasi yang relevan, misalnya biologi dan ekologi hama sasaran.

Umpan Beracun

Umpan beracun adalah metode umum untuk mengendalikan hama seperti, tikus, burung, siput, siput, semut, kecoa, dan hama lainnya.  Untuk semut, racun yang bekerja lambat diperlukan agar para pekerja memiliki waktu untuk membawa zat tersebut kembali ke koloni, dan untuk lalat, zat yang bekerja cepat untuk mencegah bertelur dan gangguan lebih lanjut.

Fumigasi

Fumigasi adalah merupakan applikasi pengendalian hama pada suatu produk dengan cara memasukan atau melepaskan gas fumigan ke dalam ruangan tertutup atau kedap udara (gas tight) dengan masa atau jangka waktu tertentu dalam dosis dan konsentrasi yang dapat mematikan hama.

Metode fumigasi merupakan cara tercepat dan efektif untuk mengendalikan hama pada gudang karena memungkinkan mengontrol semua fase kehidupan hama dan menjangkau area atau ruang yang sulit terjangkau dengan semprotan, aerosol maupun semprotan. Fumigan yang direkomendasikan dan umum digunakan adalah Methyl Bromida (CH3Br) dan Phospine (PH3)

Pengendalian Hama Terpadu

Pengertian pengendalian hama terpadu (PHT) adalah suatu konsep atau cara berpikir dalam upaya pengendalian populasi atau tingkat serangan hama dengan menerapkan berbagai teknik pengendalian yang dipadukan dalam satu kesatuan untuk mencegah kerusakan tanaman dan timbulnya kerugian secara ekonomis serta mencegah kerusakan lingkungan dan ekosistem.

Tujuan awal dari PHT adalah untuk mengurangi ketergantungan pada senyawa yang sangat beracun dalam mengendalikan hama. Dari semua definisi yang berbeda-beda, tujuan dan sasaran dari PHT yang terbaik dinyatakan oleh Asosiasi Manajemen Hama Nasional yakni:

“Pengendalian Hama Terpadu  adalah pendekatan yang luas untuk pengelolaan hama yang berfokus pada mengatasi penyebab, bahwa masalah hama ada bukan hanya pada hama itu sendiri”

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe