5 Cara Mengusir Lalat Buah Super Efektif

5
5 Cara Mengusir Lalat Buah Super Efektif

Sebagai negara tropis, Indonesia menghasilkan berbagai jenis buah-buahan yang enak dan bermanfaat. Buah-buahan tersebut tidak hanya disukai oleh manusia, namun juga disukai beberapa jenis hama termasuk lalat buah. Hama lalat buah tidak hanya mengganggu dalam skala perkebunan besar namun juga perumahan. Karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengusir lalat buah.

Mengenal Lalat Buah

Ada berbagai jenis lalat buah yang tersebar di Indonesia. Namun, lalat buah yang paling umum ditemukan adalah lalat buah dari genus Drosophilla. Lalat jenis ini termasuk jenis lalat berukuran kecil, ukurannya hanya sekitar 3 – 4 mm. Tubuh Drosophilla berwarna kuning hingga kecoklatan dengan punggung berwarna abu-abu hingga hitam. Mata Drosophilla berwarna merah terang atau merah tua.

Selain Drosophilla, ada juga empat genus lalat buah lain yang tersebar di Indonesia. Empat genus tersebut adalah Anastrepha, Bactrocera, Ceratitis, dan Rhagoletis. Masing-masing genus memiliki perbedaan fisik pada warna bagian kepala, antena, dan abdomennya.

Beberapa genus memiliki warna abdomen yang lebih terang, atau memiliki bercak-bercak pada bagian tubuh dan kepalanya.

Lalat buah adalah serangga dengan daur hidup metamorfosis sempurna. Artinya, lalat buah akan melalui beberapa fase berbeda yang terdiri dari telur, larva, pupa atau kepompong, dan lalat dewasa. Masing-masing fase tersebut dapat berlangsung dalam waktu 1 – 5 hari, tergantung keberadaan makanan dan kondisi lingkungan sekitarnya.

daur hidup lalat buah

Lalat buah yang telah keluar dari pupa sudah dapat berkembang biak dalam waktu beberapa jam saja. Itulah mengapa perkembangan dan penyebaran lalat buah dapat terjadi sangat cepat.

Tanda Kehadiran Lalat Buah

Keberadaan lalat buah sangat mudah dikenali. Ada tiga tanda utama yang menjadi kunci keberadaan lalat buah, yaitu: lalat buah hidup, larva lalat buah, dan kotoran lalat buah. Lalat buah hidup berkerumun mulai dari telur hingga dewasa. Karena itu,

Anda akan sangat mudah menemukan kerumunan lalat buah di sekitar area yang tersedia makanan bagi mereka. Selain berada di dekat buah atau sayuran matang atau bahkan busuk, lalat buah dewasa juga mudah ditemukan di sekitar tong sampah dan saluran pembuangan air.

Jika tidak ada lalat buah berkerumun, Anda bisa mencari tanda-tanda lain yaitu feses atau kotoran lalat buah. Kotoran lalat buah dewasa berwarna hitam dan berukuran sangat kecil. Kotoran mereka mengandung unsur feromon yang memberi tahu lalat buah dewasa lain bahwa ada sumber makanan di sekitar tempat tersebut.

Tanda lainnya adalah larva lalat buah yang juga dikenal sebagai “belatung”. Telur lalat buah akan berkembang menjadi larva dalam waktu kurang dari 24 jam. Selama berada pada fase ini, larva lalat buah akan melalui tiga instar.

Setiap instar akan dibedakan berdasarkan ukuran tubuh dan kemampuan makannya. Larva lalat buah berbentuk pipih runcing dan berwarna putih. Larva akan mudah ditemukan di tempat lalat buah betina menaruh telurnya, yaitu permukaan buah dan sayur atau bahan organik lainnya.

Cara Mengusir Lalat Buah

Mengusir lalat buah tidaklah sulit. Yang terpenting adalah Anda harus rajin dan tekun menjaga bahan makanan di rumah agar tidak dihinggapi lalat buah. Berikut adalah beberapa cara mengusir lalat buah di rumah secara efektif.

1. Simpan Buah dan Sayur di Wadah Tertutup

Cara paling mudah untuk menghindari dan mengusir lalat buah adalah dengan menyimpan bahan makanan segar di dalam wadah yang tertutup. Cara penyimpanan bahan makanan perlu disesuaikan dengan jenis makanan yang Anda miliki.

Contohnya, buah dan sayuran dapat dimasukan ke dalam lemari es. Selain itu, beberapa jenis umbi-umbian dan bumbu dapur dapat disimpan di dalam di dalam kotak atau toples tertutup. Yang pasti, konsumsi bahan makanan sesegera mungkin untuk menghindari terlalu matang atau menjadi busuk.

2. Jaga Kebersihan Area Pembuangan Sampah dan Saluran Air

Cara lain untuk memastikan lalat buah tidak berkeliaran di rumah Anda adalah dengan menjaga kebersihan area rumah. Lalat buah senang berkumpul di tempat lembab dan terdapat bahan organik yang menjadi makanan mereka. Maka, Anda perlu mewaspadai area-area rumah dengan karakteristik tersebut. Area pembuangan sampah, wastafel, kamar mandi, dan saluran air adalah beberapa di antaranya.

Untuk menghindari kedatangan lalat buah, pastikan untuk tidak meninggalkan piring kotor atau sampah terlalu lama. Aroma sisa makanan sangat disukai lalat buah dan mengundang mereka untuk makan. Bersihkan wastafel dan saluran air secara rutin untuk menghindari adanya sumbatan bahan organik seperti sisa-sisa sayuran atau lumut. Dengan begitu, lalat buah tidak akan mampir ke rumah Anda.

3. Nyalakan Lilin

Cara mengusir lalat buah yang sangat mudah adalah dengan menggunakan lilin. Pada prinsipnya, lalat tidak suka berada di area berasap, begitu pula dengan lalat buah. Anda bisa menyalakan lilin di area yang sering didatangi lalat buah, seperti dapur atau ruang makan. Letakan lilin yang menyala di dekat tempat buah atau meja makan, maka lalat buah akan pergi meninggalkan makanan Anda.

4. Gunakan Perangkap Cuka Apel

Cuka apel mengandung senyawa khas seperti asam asetat yang memancing indera penciuman lalat buah. Karena cuka apel mudah ditemukan di pasar swalayan, Anda bisa membuat perangkap cuka apel dengan mudah di rumah.

Tuangkan cuka apel ke dalam botol bekas lalu tutup botol tersebut dengan kertas. Beri lubang pada kertas sebagai jalan masuk lalat buah ke dalam botol. Lalat buah yang terperangkap akan tenggelam di dalam larutan cuka apel. Jika sudah cukup banyak bangkai lalat buah tenggelam dalam cuka apel, buang larutan tersebut jauh dari rumah Anda. Kemudian, Anda bisa membuat umpan cuka apel dalam perangkap yang sama.

5. Membuat Semprotan Jeruk Nipis

Cara mengusir lalat buah lainnya adalah dengan membuat semprotan jeruk nipis. Cara ini efektif digunakan jika Anda sering menyimpan buah di area terbuka.

Alat dan bahan yang diperlukan adalah: 5 buah jeruk nipis, 20 lembar daun jeruk nipis, EM4 25 50 ml, 3 sdm gula pasir, 4 liter air, dan jerigen atau wadah tertutup.

Pertama, kupas jeruk nipis dan blender bersama daunnya hingga halus. Setelah itu, campurkan hasil blender dengan larutan gula pasir dan EM4 25. Aduk campuran tersebut hingga rata lalu masukan ke dalam jerigen dan tutup dengan rapat.

Diamkan larutan selama 7 – 10 hari sebelum digunakan, pastikan agar tidak terkena cahaya matahari. Untuk pemakaiannya, Anda bisa mencampurkan 2 sendok larutan dengan 1 liter air lalu semprotkan pada buah atau sayuran.

Demikianlah informasi mengenai lalat buah dan cara mengusir lalat buah dari rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda coba di rumah.


Referensi:

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/07/151500676/cara-alami-mengusir-lalat-buah-dari-rumah-pakai-cuka-apel?page=all#:~:text=1.,dan%20secara%20efektif%20menenggelamkan%20mereka.

https://pengendalianhayatihama.biologi.ugm.ac.id/2017/05/27/yuuk-kita-mengenal-lalat-buah-bactrocera-carambolae-serangga-hama-pada-buah-buahan/

https://www.rentokil.co.id/lalat/cara-menghilangkan-lalat-buah/

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengusir-lalat-buah-ampuh/

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe