6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami, Dijamin Ampuh!

6
6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Seberapa bahayakah kutu rambut? Serangga kecil penghisap darah ini bisa menjadi wabah yang meresahkan karena kemampuannya untuk berkembangbiak dan menyebar dengan cepat. Kutu rambut tidak hanya menyebabkan rasa gatal yang mengganggu, namun juga bisa menyebabkan kulit kepala infeksi. Parahnya, kutu rambut bisa datang kembali jika tidak dicegah. Bagaimanakah cara menghilangkan kutu rambut secara alami? Simak uraian di bawah ini!

Apa Itu Kutu Rambut?

Pediculus humanus var. Capitis lebih dikenal sebagai tungau, kutu rambut atau kutu kepala. Serangga ini merupakan parasit penghisap darah yang dapat menyebabkan infeksi Pediculosis capitis.

Pediculus humanus var. Capitis
Pediculus humanus var. Capitis

Kutu rambut memiliki tubuh pipih kecil berwarna kuning kecoklatan atau putih keabuan. Tubuhnya bersegmen dengan tiga pasang kaki. Kutu rambut tidak memiliki sayap, sehingga penyebarannya mengandalkan pergerakan jarak dekat seperti antara kepala yang menempel dengan benda atau aksesoris rambut. Cakar pada masing-masing kaki membuat mereka mampu bergantung dengan kuat di rambut atau kepala manusia.

Kutu rambut betina berukuran lebih besar daripada kutu rambut jantan. Pada masa bertelur, kutu rambut betina akan menempelkan telur berbentuk oval di sepanjang rambut. Telur tersebut akan mengikuti pertumbuhan rambut, artinya semakin ujung posisi telur pada rambut maka semakin matang telur tersebut.

Siklus hidup Pediculus humanus capitis mempunyai metamorfosis yang tidak lengkap (incomplete metamorphosis). Telur akan menetas menjadi nimfa dalam waktu 6-7 hari sesudah dikeluarkan oleh kutu betina. Sesudah mengalami 3 kali pergantian kulit, nimfa akan berubah menjadi kutu rambut dewasa dalam waktu 12-16 hari.

daur hidup kutu rambut

Apakah Kutu Rambut Berbahaya?

Ancaman utama kutu rambut yang menyerang manusia adalah rasa gatal pada bagian kepala hingga leher. Namun, jika terlalu banyak kutu rambut bersarang di kepala seseorang, maka efeknya bisa jadi berbahaya. Berikut adalah efek-efek yang dapat ditimbulkan dari serangan kutu rambut.

1. Mengganggu Kualitas Tidur

Seperti kutu kasur, kutu rambut juga aktif bergerak pada saat malam hari atau ketika berada di ruangan yang gelap. Kutu rambut tidak bisa hidup tanpa menghisap darah. Karenanya, aktivitas makan kutu rambut dapat terjadi terus menerus sehingga rasa gatal akibat gigitan kutu rambut semakin terasa. Jika mereka aktif makan di malam hari, kualitas tidur Anda akan sangat terganggu karena rasa gatal dan keinginan menggaruk kepala. Tidur yang tidak nyenyak akan berakibat pada rasa lemas, kehilangan konsentrasi, bahkan resiko penyakit berbahaya.

2. Infeksi Kulit Kepala

Gigitan kutu rambut sering kali dapat menjadikan kulit iritasi dan meradang. Keinginan untuk menggaruk akibat rasa gatal dari gigitan kutu rambut bisa meningkatkan resiko iritasi. Bila dilakukan terus menerus, kulit bisa luka dan memicu infeksi. Pada kondisi ekstrim, benjolan merah berisi cairan bisa terbentuk pada kulit yang kemudian menjadi kerak. Selain itu, masalah kulit lain seperti ruam dan dermatitis juga bisa muncul akibat dari gigitan kutu rambut.

3. Kehilangan Banyak Darah

Kutu rambut tidak dapat hidup tanpa meminum darah. Karenanya, jika terlalu banyak kutu rambut bersarang di kepala Anda, resiko anemia atau kehilangan terlalu banyak darah dapat terjadi. Jika dibiarkan, anemia akan berujung pada lesu, mengantuk, dan kurangnya semangat untuk beraktivitas.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami?

Ada berbagai cara menghilangkan kutu rambut secara alami. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di sekitar Anda. Berikut tiga cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

1. Minyak Esensial

Ada banyak jenis minyak esensial yang ampuh sebagai cara membasmi kutu rambut secara alami. Beberapa diantaranya adalah minyak kayu putih, tea tree oil, lavender, cengkeh, peppermint, dan minyak pala. Anda bisa mencampurkan 20 tetes minyak esensial dengan minyak zaitun lalu mengoleskannya ke kulit kepala dengan kapas. Biarkan selama minimal 12 jam sebelum keramas dan sisir rambut dengan serit. Setelah beberapa kali perlakuan, kepala Anda akan bebas dari kutu rambut.

2. Bawang

Tanaman ini terbukti sebagai bahan kosmetika yang sangat bermanfaat. Bawang merah dan bawang putih juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut secara alami. Aromanya yang menyengat dapat membunuh kutu rambut, dan bahan antibakterinya dapat menjaga kulit kepala dari iritasi. Meski begitu, bawang dapat mengeluarkan rasa panas sehingga kurang cocok bagi orang dengan kulit sensitif.

3. Cuka

Sifat asam pada cuka dapat dimanfaatkan sebagai cara membasmi kutu rambut secara alami. Agar aman digunakan di kepala, campurkan 2 sdm cuka dengan 2 sdm minyak kelapa. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama beberapa jam. Selanjutnya, keramaslah dengan shampo anti kutu agar hasilnya semakin maksimal.

Bagaimana Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut?

Selain keberadaan kutu rambut, Anda juga perlu memastikan kepala bebas dari telur kutu rambut. Jika telur kutu dibiarkan, kepala Anda akan tetap menjadi sarang kutu rambut sampai kapanpun. Beberapa cara seperti menggunakan obat kutu rambut alami dapat digunakan. Cara lain untuk menghilangkan telur kutu rambut adalah sebagai berikut.

1. Sisir Serit

Sisir serit adalah sisir khusus bergigi rapat untuk membersihkan kutu rambut dan telurnya yang menempel di kepala. Untuk hasil efektif, sebaiknya cuci rambut terlebih dahulu dengan shampo penghilang kutu. Sisir rambut dengan sisir biasa untuk menghilangkan kusut setelah keramas sebelum menggunakan serit. Sisir dengan serit mulai dari kulit kepala hingga ujung batang rambut. Bersihkan serit setiap kali sisir dengan air hangat agar kutu dan telurnya benar-benar mati dan tidak kembali ke kepala.

2. Semprotan Anti Kutu

Semprotan anti kutu mudah ditemukan di apotik atau toko kecantikan. Anda bisa memilih berbagai macam merk semprotan kutu yang tersedia sesuai preferensi Anda. Agar optimal, semprotkan anti kutu pada kepala seminggu sekali dan gunakan serit untuk memastikan telur kutu benar-benar hilang dari kepala.

4. Obat Kutu

Ada berbagai obat kutu rambut alami yang bisa Anda temukan di apotik atau toko kecantikan. Bentuknya pun bermacam-macam, ada shampo, krim, dan losion. Untuk memastikan efektivitasnya, pastikan bahwa obat kutu yang Anda beli mengandung permetrin dan piretrin. Gunakan obat kutu rambut alami selama 7 – 10 hari untuk memastikan telur kutu hilang dari kepala.

Mengapa Kutu Rambut Datang Kembali?

Membasmi kutu rambut dapat dibilang susah-susah-gampang. Beberapa penelitian memperlihatkan kutu rambut bisa resisten terhadap beberapa jenis perlakuan dan pestisida tergantung lingkungan mereka berkembang. Selain itu, kutu rambut betina bisa menghasilkan 8 telur per hari. Jika telur tersebut tidak ikut terbasmi, kemungkinan kutu rambut bersarang dan berkembangbiak di kepala bisa terjadi.

Selain adanya kemungkinan perlakuan yang tidak mempan, jangan lupa bahwa kutu rambut sangat mudah berpindah ke orang lain. Bisa jadi Anda sudah membersihkan kutu rambut di kepala Anda atau anak Anda. Namun, jika sudah mewabah, kemungkinan kutu rambut kembali ke kepala Anda dari orang lain di luar rumah sangatlah besar.

Karena itu, ada baiknya Anda berhati-hati terhadap wabah kutu rambut. Selalu jaga kebersihan pakaian, sprei, dan aksesoris seperti jilbab, topi, dan helm. Selain itu, ada baiknya untuk selalu menggunakan pakaian, sisir, dan aksesoris rambut milik sendiri. Jika Anda lingkungan Anda terjangkit wabah kutu rambut, hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang lain untuk menghindari perpindahan kutu rambut.

Demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan kutu rambut secara alami. Jika serangan kutu rambut semakin mengganggu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Source:

http://eprints.undip.ac.id/44909/3/03.Bab_2.pdf

http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/1008/2/BAB%20I.pdf

https://www.mybaby.co.id/read/perawatan-bayi/wajib-tahu-bahaya-kutu-rambut-bagi-anak

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/lice-comes-back

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mudah-menghilangkan-telur-kutu-rambut-yang-menyebalkan#catatan-dari-sehatq

https://www.alodokter.com/ini-cara-menghilangkan-kutu-rambut-secara-alami

https://www.halodoc.com/artikel/ini-6-cara-alami-menghilangkan-kutu-rambut

https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-kutu-rambut-yang-perlu-diwaspadai-bila-tidak-diobati#bahaya-kutu-rambut-bila-tidak-diobati-dengan-cermat

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe