Begini Cara Mengusir Kelabang Secara Alami

B
Begini Cara Mengusir Kelabang Secara Alami

Sering disepelekan ternyata hama satu ini cukup berbahaya jika menggigit manusia. Berikut informasi lengkap tentang kelabang mulai dari ciri-cirinya, habitat hingga cara mengusir kelabang secara alami.

Pernahkah Kamu melihat hewan berkaki banyak yang berlari cepat di sekitar rumah? Jika jawabannya iya, artinya Kamu baru saja bertemu dengan lipan atau kelabang. Lipan atau kelabang merupakan hama yang menyukai tempat lembap, kotor dan berantakan.

Kelabang, Hewan Seperti Apa itu?

Lipan atau kelabang adalah hewan dari kelas chilopoda yang berbisa, dengan tubuh pipih, berkaki banyak dan memiliki segmen seperti cacing. Terkadang kita bisa mengira kaki seribu sebagai kelabang, berikut perbedaannya.

Perbedaan kaki seribu dan kelabang
Perbedaan kaki seribu dengan kelabang (lipan)

Baca juga: Tips Cara Mengusir Kaki Seribu Secara Alami

Kelabang memiliki nama latin centipedes, “centi” artinya 100, sedangkan “pedes” berarti kaki. Setiap segmen kelabang mempunyai sepasang kaki, bahkan Kelabang dewasa diketahui mempunyai segmen antara 15 – 177.

Terdapat lebih dari 8000 jenis kelabang yang ada di dunia, dengan panjang  tubuh bervariatif mulai dari 4 hingga 152 mm. Beberapa di antaranya mempunyai warna dengan pola tertentu. Namun yang sering ditemui adalah kelabang berwarna coklat dan merah kekuningan.

Cara Mengusir Kelabang (lipan) dari rumah Secara Alami

Jika diamati, kelabang mempunyai antena panjang di kepalanya dengan mulut kecil  yang berbentuk seperti cakar dan beracun. Kelabang dapat melumpuhkan lawannya menggunakan cakar yang terdapat di mulutnya tersebut, misalnya cacing, laba-laba atau serangga kecil  bertubuh lunak lainnya.

Lipan sering ditemui di tempat tertutup dan gelap seperti bawah daun, batu atau bagian dalam rumah yang lembap. Kelabang lebih sering ditemui di daerah beriklim panas, apabila terlalu sering hujan, mereka akan masuk-masuk ke dalam rumah.

Mengapa Kelabang Masuk Rumah?

Terkadang kelabang memang masuk ke dalam rumah, untuk mencari mangsa. Mereka biasanya keluar pada malam hari dari saluran air atau sela-sela lantai. Mereka pintar mencari tempat sembunyi dan tertarik dengan area yang lebih lembap.

Berbahayakah Kelabang Bagi Penghuni Rumah?

Seperti yang diketahui, kelabang merupakan hewan berbisa yang bisa menggigit serangga. Kelabang pun bisa menggigit manusia ketika merasa terancam. Semakin besar ukuran kelabang maka gigitannya akan semakin sakit. Racun kelabang mengandung bahan berbahaya yang dapat menyebabkan alergi dan berpotensi merusak jaringan kulit.

Biasanya seseorang yang terkena racun kelabang akan mengalami rasa nyeri  hingga pembengkakan di area yang tergigit. Gejala ini akan berlangsung hingga beberapa hari, kadangkala juga menyebabkan mati rasa, demam, mual hingga jantung berdebar dan kesulitan bernapas.

Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk mengusir kelabang. Nah, berikut ini beberapa cara mengusir kelabang dengan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Cara Mengusir Kelabang Secara Alami dan Efektif

1. Menyiram dengan air panas

Cara mengusir kelabang secara alami yang pertama adalah menggunakan air panas. Tidak perlu terkena tubuh kelabang, Kamu cukup menyiram lantai kamar mandi saja. Lantai yang panas akan otomatis mengusir kelabang. Lakukan 2 kali dalam seminggu, agar kelabang tidak kembali muncul.

2. Kapur barus

Kapur barus juga ampuh digunakan untuk membasmi kelabang. Kamu hanya perlu meletakkan kapur barus di area yang lembap atau sudut kamar mandi. Kelabang tidak menyukai aroma wangi yang dikeluarkan kapur barus.

3. Cabai rawit

Ternyata cabai rawit juga ampuh digunakan untuk mengusir kelabang. Kamu harus mengiris cabai rawit dan menabur di area yang sering dilewati kelabang. Kelabang tidak suka aroma menusuk dan perih dari irisan cabai. Dijamin kelabang akan kabur dari rumah.

4. Menggunakan garam dapur

Cara membasmi kelabang yang sangat mudah dilakukan adalah menabur garam di beberapa titik yang berpotensi dikunjungi kelabang.

5. Merica

Kelabang yang diberi taburan merica akan kesakitan dan mati. Untuk melindungi diri, sebaiknya Kamu menggunakan penutup kaki setiap kali mengusir kelabang.

6. Daun pandan

Cara mengusir kelabang yang lain adalah menggunakan insektisida alami, yaitu daun pandan. Tanaman ini cukup ramah untuk lingkungan dan dapat mengusir lipan. Lipan yang terkena daun pandang akan mabuk dan lambat laun akhirnya mati.

Itu dia penjelasan lengkap tentang kelabang beserta cara mudah mengusirnya secara alami dari rumah.  Selain menggunakan cara-cara di atas, Kamu juga harus selalu menjaga kebersihan rumah. Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe