Cara Membuat Pestisida Alami dari Bawang Putih

C
Cara Membuat Pestisida Alami dari Bawang Putih

Selain dapat digunakan menjadi bumbu dapur, bawang putih juga dapat dijadikan pembasmi hama yang ekonomis. Simak artikel berikut untuk mengetahui bagaimana cara membuat alami pestisida bawang putih dan apa saja manfaatnya.

Pengertian Pestisida Nabati

Pestisida Nabati adalah bahan yang berfungsi sebagai racun untuk membasmi hama, yang dibuat dari tanaman. Hama atau hewan pengganggu, biasanya dibasmi karena keberadaannya dapat mendatangkan kerusakan atau kerugian. Misalnya kutu atau ulat pada tanaman pertanian, rayap pada bagian rumah maupun furniture yang terbuat dari kayu.

Banyak tanaman yang tidak beracun bagi manusia namun beracun untuk hewan-hewan tertentu, termasuk hama tanaman. Misalnya bawang putih, selain dapat digunakan untuk bumbu penyedap pada masakan, bawang putih merupakan pestisida nabati yang ampuh untuk membasmi hama tanaman.

Jenis hama yang dapat dibasmi oleh pestisida bawang putih antara lain, yaitu :

  • Aphids, serangga kecil yang sering disebut kutu daun ini menyerang tunas maupun pucuk daun muda, hingga layu dan menggulung.
  • Semut, walaupun tidak merusak secara langsung, mereka suka memelihara aphid maupun kutu lain yang menghasilkan makanan untuk semut.
  • Kumbang, mereka dapat menyebabkan tanaman mati dengan memakan jaringan titik tumbuh yang berada pada pucuk tanaman, terutama pada tanaman muda.
  • Ulat, sudah menjadi pengetahuan umum jika keberadaan ulat pada suatu tanaman akan menghabisi daun dari tanaman tersebut.
  • Penggerek pohon, tahap dewasa serangga ini merusak batang pohon kesukaan mereka, seperti mangga, sedangkan larva-nya dapat membuat tanaman mati dengan merusak batang serta pucuk tanaman.
  • Kutu-kutuan, selain aphid ada beberapa serangga kecil yang dapat merusak tanaman, seperti kutu putih, kutu perisai, tungau. Serupa dengan aphid, mereka juga memakan getah tanaman dan merusak jaringan tumbuh tanaman sampai bunga dan buah muda, sehingga tanaman dapat menjadi layu atau gagal panen.
  • Rayap, serangga ini sudah dikenal sebagai pemakan kayu, walaupun tidak membunuh tanaman dengan cepat, kehadiran mereka sangat mengganggu pertumbuhan tanaman

Cara Pembuatan Pestisida Bawang Putih

Cara membuat pestisida bawang putih, tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan keahlian khusus, langkah-langkah pembuatannya yaitu :

  1. Haluskan bawang putih, bisa ditumbuk atau dengan blender.
  2. Campur dengan air bersih, misalnya air mineral kemasan, dengan perbandingan 1 liter air untuk 500 gram bawang putih.
  3. Untuk meningkatkan efektivitas daya basminya campuran air bawang tadi dapat ditambah salah satu dari bahan berikut : cabai giling, minyak mimba atau sabun kalium (sabun hijau) sebagai perekat.
  4. Kemudian simpan campuran minimal sehari pada tempat yang tertutup agar zat aktif pada bawang putih tidak menguap.
  5. Setelah itu saring campuran tadi dengan saringan halus atau kain saring dan disimpan pada botol kaca yang tertutup rapat.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya

Cara Penggunaan Pestisida

Seperti pestisida nabati lainnya, pestisida bawang putih sebaiknya segera digunakan setelah selesai dibuat, karena semakin lama disimpan maka semakin turun efektivitasnya dalam membasmi hama.

Untuk memakainya cukup masukkan larutan bawang putih yang sudah jadi ke dalam botol semprot, encerkan lagi dengan air bersih dengan perbandingan 1:5, lalu semprotkan pada bagian tanaman yang terserang hama. Ulangi setelah 1 minggu, sampai hama menghilang.

Pestisida nabati dari bawang putih ini memiliki aroma yang keras, dan dapat bertahan lebih dari 2 minggu, sehingga perlu diperhatikan waktu penggunaannya agar tidak berdekatan dengan waktu panen agar hasil panen tidak tercemar oleh aroma bawang yang menyengat.

Kekurangan dan Kelebihan Pestisida Nabati

Kelebihan pestisida dari air bawang putih selain mudah terurai sehingga tidak berpontensi mencemari lingkungan antara lain :

  • Lebih efisien, harga bawang tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pestisida kimia.
  • Relatif aman bagi manusia, karena bawang putih tidak berbahaya bagi manusia.
  • Memiliki spektrum luas, banyak jenis hama yang dapat dibasmi dengan air bawang putih.

Sedangkan kekurangannya antara lain :

  • Cepat terurai, tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama.
  • Daya basminya lebih lambat dari pestisida kimia.
  • Spektrum basminya yang luas dapat membunuh hewan-hewan lain yang bukan hama, sehingga perlu perhatian lebih saat penggunaannya.

Demikianlah cara membuat pestisida alami atau nabati dari bawah putih

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe