Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih? Ini Fakta Menariknya!

B
Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih? Ini Fakta Menariknya!

Tak hanya bermanfaat untuk manusia, bawang putih juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk hewan peliharaan, salah satunya adalah anjing.

Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, salah satu bumbu dapur ini juga memiliki kemampuan untuk membasmi kutu-kutu pada anjing.

Setidaknya, ada dua cara untuk menghilangkan atau membasmi kutu anjing

dengan menggunakan bawah putih. Pertama, dengan membuat semprotan ekstrak bawang putih. Kedua, memberi makan anjing dengan bawang putih mentah.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara kerja dan proses pembuatannya, simak terus informasi berikut ini.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Anjing secara Alami

Semprotan bawang putih untuk menghilangkan kutu anjing

semprotan bawang putih untuk menghilangkan kutu pada anjing
Ilustrasi semprotan bawang putih

Ekstrak yang terdapat dalam bawang putih sangat ampuh untuk membunuh kutu anjing dan mencegahnya datang kembali. Adapun proses pembuatannya sebagai berikut,

  1. Bersihkan bawang putih dengan air mengalir
  2. Potong dan masukkan bawang putih ke dalam air panas
  3. Tunggu beberapa menit untuk kemudian disaring ekstraknya
  4. Masukan ekstrak bawang putih ke dalam botol semprot.
  5. Siap untuk digunakan!

Semprotkan obat kutu anjing alami ini ke tubuh si doggydan diamkan untuk beberapa saat. Setelah itu, sisir bulu anjing dan Anda bisa melihat kutu-kutu anjing mulai berjatuhan.

Ulangi metode ini dalam beberapa hari untuk memastikan anjing peliharaan Anda terbebas dari kutu.

Bawang putih sebagai penolak kutu anjing

Cara membasmi kutu anjing selanjutnya adalah dengan memberi makan bawang putih pada anjing peliharaan Anda.

menolak kutu anjing dengan bawang putih
Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Walau bertolak belakang dengan apa yang diberitakan, faktanya bawang putih memiliki senyawa bernama allicin yang berfungsi sebagai antibiotik, antikanker, dan antioksidan.

Pemberian bawang putih pada anjing juga memiliki dosisnya tersendiri. Perhatikan perhitungan dosis berikut yang telah disesuaikan dengan berat anjing Anda,

  • 4 – 6 kg = 0,5 siung
  • 9 – 18 kg = 1 siung
  • 20 – 31 kg = 2 siung
  • 34 – 40 kg = 2,5 siung
  • 45 kg ke atas = 3 siung

Agar hasilnya maksimal, pertimbangkan untuk memilih bawang putih mentah, segar, dan jika memungkinkan tumbuh secara organik.

Enzim allicin hanya bisa Anda temukan pada bawang putih yang segar yang masih belum di kupas kulit terluarnya. Jangan pernah memberi makan bawang putih yang telah dipotong atau dikemas pada anjing peliharaan Anda.

Apakah aman memberi makan bawang putih pada anjing peliharaan?

Tersebarnya ‘larangan’ untuk memberi makan bawang putih pada anjing peliharaan bermula saat Hokkaido University mengadakan sebuah eksperimen kecil pada tahun 2000.

Penelitian ini setidaknya melibatkan 8 ekor anjing. Hasilnya, 4 di antaranya diberikan ekstrak bawang putih sebanyak 1,25ml dari total berat badan mereka, dan 4 anjing lainnya hanya diberikan air mineral.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 4 ekor anjing yang diberikan ekstrak bawang putih ‘berpotensi’ terkena hemolytic anemia atau kerusakan pada sel darah merah. Sementara, 4 anjing lainnya tidak menunjukkan gejala apapun.

Walau ‘berpotensi’ terkena kerusakan sel darah merah, tidak ada satu ekor anjing pun yang benar-benar terkena hemolytic anemia dari eksperimen di atas.

Selain itu, memberi anjing Anda 1,25 ml ekstrak bawang putih dari total berat badannya sangatlah tidak masuk akal.

Sayangnya, hasil eksperimen yang singkat tersebut membuahkan kesalahpahaman hingga sekarang, yang melarang pemberian makan bawang putih pada anjing.

Padahal, bawang putih mengandung banyak manfaat untuk anjing Anda, seperti

  1. Mencegah pembentukan gumpalan darah
  2. Mengurangi penumpukan kolesterol
  3. Sebagai antibiotik
  4. Obat yang manjur untuk membunuh dan mencegah kutu
  5. Dan membantu mencegah perkembang biakkan tumor.

Terlepas dari semua hal di atas, konsultasi kepada Vet Anda merupakan langkah yang bijak agar anjing kesayangan selalu sehat.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe