Cara Menghilangkan Demodex pada Anjing

C
cara mengobati atau menghilangkan demodex pada anjing

Memelihara anjing dapat memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama jika anjing yang kita miliki terserang penyakit. Penyakit yang biasa ditemukan pada anjing adalah Demodex. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menghilangkan Demodex pada anjing kesayayangan Anda.

Apa Itu Demodex?

Demodekosis atau Demodex merupakan sebuah infeksi pada anjing yang disebabkan oleh tungau Demodex (folliculorum) canis. Tungau ini dapat ditemukan pada folikel rambut serta kelenjar minyak.

Demodex canis 40x pada anjing
Gambar Demodex canis diperbesar 40x

Namun jika jumlahnya berlebihan, tungau dapat menyebar ke area kulit sehingga menyebabkan peradangan. Penyakit Demodex dapat ditularkan melalui kontak langsung dan mudah menyerang anjing dengan daya tahan tubuh yang menurun dan hormon yang tidak seimbang.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Anjing Secara Alami

Ciri-Ciri Anjing Terkena Demodex

Jika anjing Anda menunjukkan tanda-tanda berikut, segeralah cek ke dokter hewan untuk memastikan apakah anjing Anda terkena Demodex atau tidak.

Tanda-tanda anjing terkena demodex
Tanda-tanda anjing terkena demodex

Kulit Kemerahan

Jika terlihat kemerahan pada area tertentu di kulit anjing Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa anjing Anda terkena Demodex. Biasanya kulit kemerahan akan terlihat pada area kepala, sekitar mulut, serta area mata, namun bisa juga timbul pada area lainnya.

Gatal-Gatal

Tungau Demodex juga dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Anjing Anda akan sering menggaruk bagian kulit yang gatal. Pada keadaan yang sudah lebih memburuk, area yang sering digaruk tersebut dapat menimbulkan nanah karena terjadi infeksi bakteri.

Sifat Agresif

Sifat agresif yang ditunjukkan oleh anjing mungkin terjadi karena rasa gatal dan gangguan kulit yang ia alami. Jika anjing Anda bertingkah agresif, segera cek apakah ada ruam atau kemerahan pada kulitnya.

Kerontokan Bulu dan Pengerasan Kulit

Ciri lain pada anjing yang terkena Demodex adalah adanya kerontokan bulu. Kerontokan ini biasanya timbul di sekitar area kulit yang sudah mengalami kemerahan serta adanya pengerasan pada kulit.

Cara Mengobati Demodex pada Anjing

Ketika anjing Anda menunjukkan beberapa gejala yang mungkin timbul dikarenakan serangan tungau Demodex, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobatinya, yaitu:

Pemeriksaan Mendalam Oleh Dokter Hewan

Pastikan gejala yang muncul pada anjing dengan membawanya ke dokter hewan untuk memeriksa apakah gejala yang timbul memang diakibatkan oleh tungau Demodex.

Pengecekan oleh dokter hewan dapat dilakukan dengan Deep skin scraping, Trichogram, atau Tape smear yang kemudian akan diperiksa dengan mikroskop.

Deep skin scraping dilakukan dengan cara pengerokan pada kulit hewan. Trichogram adalah melakukan pencabutan sedikit helai rambut pada daerah kulit menggunakan needle holder, sementara tape smear dilakukan dengan menggunakan selotip setelah bagian kulit yang mengalami lesi (jaringan abnormal) ditetesi minyak mineral.

Dokter juga akan mengecek riwayat kesehatan seperti menanyakan terkait perubahan pola makan dan lingkungan. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan fisik dengan memperhatikan area-area yang menunjukkan adanya gejala Demodex.

Dipping dengan Larutan Amitraz

Jika sudah dipastikan bahwa anjing Anda terkena Demodex, biasanya dokter hewan akan melakukan pengobatan dengan larutan Amitraz. Larutan ini diaplikasikan dengan cara dipping atau perendaman beberapa kali tergantung dari tingkat keparahan yang dialami oleh anjing Anda.

Biasanya dipping dilakukan setiap dua minggu atau setiap minggu.

Sebelum melakukan treatment, dokter hewan akan mengecek apakan anjing Anda cocok diberikan Amitraz. Jika cocok, dokter hewan akan memotong pendek atau mencukur bulu anjing agar pengobatan dapat berjalan secara optimal terutama pada area yang terkena dampak.

Dokter hewan akan mengulangi kembali pengambilan sampel pada kulit anjing untuk melihat apakah jumlah tungau sudah berkurang atau belum. Jika dirasa masih memerlukan penanganan, maka dokter hewan akan melakukan pengobatan ini untuk beberapa kali lagi.

Namun, jika hasil pada pengambilan sampel negatif setelah melakukan pengorekan sampel kulit, maka dipping ini dapat dihentikan.

Memandikan Anjing dengan Sampo yang Mengandung Benzoyl Peroxide.

Benzoyl peroxide digunakan sebagai keratolitik dan antibakteri akibat adanya luka pada kulit. Selain itu, sampo dengan kandungan ini dapat mensterilkan serta membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit kulit.

Benzoyl peroxide mampu menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit. Konsultasikan juga dengan dokter hewan Anda dalam penggunaan sampo ini dan pastikan cara pemakaian pada anjing Anda sudah tepat sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Anjing dengan Bawang Putih? Ini Fakta Menariknya!

Pengobatan dengan Ivermectin

Pengobatan lain yang biasanya diberikan pada anjing dengan keluhan Demodex adalah pemberian Ivermectin. Ivermectin biasa digunakan untuk membantu mencegah dan membunuh parasit pada anjing.  Penggunaan Ivermectin dapat dilakukan secara oral, disuntikkan, atau dioleskan pada permukaan kulit.

Penggunaan Ivermectin sangat efektif dalam mengobati Demodex. Namun, pemberian obat ini juga harus dalam pengawasan dokter karena ada beberapa jenis anjing yang tidak boleh diberikan obat ini seperti ras Collie, Australian Shepherds, Shetland Sheepdog, Old English Sheepdog, dan English Sheepdog. Selain itu, Ivermectin sebaiknya tidak digunakan pada anjing yang berusia kurang dari enam minggu.

Selain itu, penggunaan Ivermectin untuk mematikan tungau Demodex hanya bersifat sementara. Sehingga ada kemungkinan tungau dapat muncul kembali terutama apabila anjing Anda sedang mengalami sistem imun tubuh yang lemah.

Cara Mencegah Demodex pada Anjing

Munculnya Demodex sering kali tidak dapat dihindari karena tungau hidup pada folikel rambut dan kelenjar minyak hewan. Selain dikarenakan sistem imun yang menurun, Demodex juga dapat ditularkan oleh induk kepada anak anjing dan sering terjadi pada anjing yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum matang.

Meskipun Anda tidak dapat menghentikan paparan tungau Demodex pada anjing, namun Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mencegah kemunculan atau perkembangan tungau Demodex.

Perawatan Anti-Parasit Secara Berkala

Dengan melakukan perawatan anti-parasit secara berkala, Anda dapat meminimalisir munculnya Demodex. Perawatan ini dapat menangani berbagai macam parasit termasuk tungau. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter hewan sehingga penanganan yang diberikan sesuai untuk anjing Anda.

Mengawasi Hewan Peliharaan Lain

Dikarenakan tungau dapat ditularkan antar spesies, sangat penting untuk mengecek dan mengawasi hewan lain di sekitar anjing Anda. Jika Anda memiliki be
berapa peliharaan di rumah, sebaiknya mereka juga mendapatkan perawatan yang sama sehingga terhindar penularan Demodex.

Memperhatikan Fisik dan Kelakuan Anjing Anda

Jika Anda merasa adanya perubahan pada bulu dan kulit, atau perubahan perilaku anjing Anda, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan untuk diagnosa dan melakukan pengobatan.

Grooming Secara Berkala

Grooming rutin dapat membantu untuk mengidentifikasi sedini mungkin jika ada perubahan pada bulu, kulit, serta perilaku anjing Anda, sehingga dapat cepat dilakukan tindakan atau perawatan yang efektif.

Dengan mengetahui gejala awal dan melakukan perawatan secara berkala, penyebaran tungau Demodex dapat diminimalisir. Selain itu, pola makan dan lingkungan yang baik juga dapat mencegah timbulnya Demodex.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan agar hewan Anda mendapatkan penanganan yang optimal. Demikianlah pembahasan kami tentang cara menghilangkan demodex pada anjing. Semoga artikel ini dapat membantu dalam merawat anjing kesayangan Anda.


Referensi:

http://pdhbvet.com/mengenal-demodekosis-pada-anjing/#:~:text=Demodekosis%20adalah%20infeksi%20parasit%20pada,maupun%20general%20di%20seluruh%20tubuh

https://www.rajapetshop.com/en/news/DEMODECOSIS-PADA-ANJING,-PENYEBAB-and-PENANGANANYA

https://wagwalking.com/condition/demodex-

https://anjingdijual.com/thread/540/kenali-penyebab-dan-pengobatan-demodex-demodectic-mange-pada-anjing

https://tanyadokterhewan.com/2016/02/12/7-hal-penyebab-dan-cara-mengobati-penyakit-kulit-demodex-pada-anjing/

http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1359420&val=974&title=Laporan%20Kasus%20Demodekosis%20Pada%20Anjing%20Lokal%20Bali12.

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe