9 Cara Membasmi Cicak dalam Rumah

9
9 Cara Membasmi Cicak dalam Rumah

Cicak sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Reptil kecil ini biasanya berkeliaran di dinding bangunan atau di sekitar area yang banyak serangga. Walaupun sebetulnya cicak tidak terlalu berbahaya, banyak orang yang merasa geli dan takut dengan kehadiran cicak. Berikut beberapa cara membasmi cicak agar tidak mengganggu ketenangan di rumah Anda.

Mengapa Cicak Masuk Ke Dalam Rumah?

Alasan utama cicak datang ke rumah Anda adalah karena ada sumber makanan mereka di sana. Cicak memakan segala jenis serangga. Namun makanan favorit mereka adalah serangga-serangga yang ada di rumah manusia seperti nyamuk, lalat, semut, dan laron. Semakin banyak serangga-serangga tersebut di rumah Anda, semakin banyak juga cicak yang datang.

Karena cicak bisa menempel dimana saja, ada kemungkinan bakteri dan kuman menempel di tubuh mereka dan berpindah ke furnitur atau bahkan makanan Anda. Kotoran dan air seni cicak mengandung bakteri E. Coli dan Salmonella yang berbahaya bagi kesehatan.

kotoran cicak
Kotoran cicak

Selain itu, ada beberapa orang yang merasa geli dan takut bila melihat atau mendengar suara cicak. Karena alasan-alasan inilah cicak dianggap mengganggu.

Bagaimana Cara Mengusir Cicak Dari Rumah?

Walaupun keberadaan cicak terkadang mengganggu, cicak adalah musuh alami berbagai jenis serangga. Karena itu, sebaiknya cicak tidak dibunuh namun cukup diusir dari rumah Anda. Berikut beberapa cara mengusir cicak dari rumah yang bisa Anda lakukan.

cara membasmi cicak dalam rumah, cara mengusir cicak atau cecak

1. Jauhkan Sumber Makanan

Makanan utama cicak adalah serangga seperti nyamuk, lalat, dan semut. Ketiga jenis serangga ini sering ditemukan di area-area yang kurang bersih, sehingga cicak pun senang berada di sana. Maka dari itu, Anda harus memastikan serangga-serangga tersebut tidak bersarang di rumah Anda. Caranya adalah dengan rajin membersihkan rumah terutama area dapur dan juga menutup rapat semua tempat-tempat makanan Anda.

2. Tutup Jalan Masuk

Biasanya, cicak masuk ke dalam rumah melalui ventilasi udara atau celah-celah kecil di sekitar rumah. Agar tidak perlu mengusir cicak, Anda bisa menghalangi jalan masuk cicak ke dalam rumah.

Tutup ventilasi dengan jaring atau kawat anti nyamuk. Pastikan ujung-ujungnya terekat kuat agar cicak tidak dapat membuka celah antara ventilasi dengan jaring. Selain itu, Anda bisa menutup celah-celah atau lubang yang mungkin menjadi jalan masuk cicak dengan lakban atau semen.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Mengusir Tokek dari Rumah

3. Semprotan Cabe

Semprotan cabe atau semprotan lada termasuk salah satu cara mengusir cicak dari rumah yang efektif. Jika Anda tidak bisa membeli semprotan cabe, Anda bisa membuatnya sendiri di Rumah dengan cara menghaluskan cabe kering dengan blender hingga menjadi bubuk lalu berikan sedikit air.

Semprotkan cabe bubuk langsung pada tubuh cicak. Rasa pedas dan panas dari cabe akan membuat cicak kabur dari area yang disemprotkan cabe bubuk tersebut.

4. Semprotan Pemutih

Cicak tidak menyukai bau bahan kimia seperti detergen, pewangi, dan pemutih. Selain itu, bahan kimia yang cukup kuat juga akan terasa pedih jika mengenai kulit cicak. Karena itu, menggunakan semprotan pemutih bisa menjadi cara mengusir cicak yang efektif.

Untuk membuat semprotan pemutih, campurkan pemutih pakaian dengan air keran kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, jika Anda melihat cicak yang berkeliaran, semprotkan langsung larutan pemutih ke tubuh cicak. Akan lebih baik jika Anda dapat menyemprot bagian kepala cicak karena mereka akan merasa terancam dan segera pergi.

5. Cangkang Telur

Jika Anda memasak telur, jangan buang cangkang telur tersebut. Anda dapat menggunakan cangkang telur kosong sebagai cara membasmi cicak yang bersarang di rumah Anda. Letakkan cangkang telur kosong pada area dimana cicak sering terlihat. Cicak yang sangat membenci bau cangkang telur akan segera pergi menjauhi area tersebut dan tidak kembali lagi.

6. Kapur Barus

Tidak hanya bermanfaat untuk mengusir serangga, kapur barus juga ampuh sebagai cara membasmi cicak. Letakan kapur barus di pojok-pojok ruangan atau bagian yang sulit dijangkau. Namun, pastikan agar kapur barus tidak berada di tempat yang terjangkau anak-anak atau hewan peliharaan agar tidak termakan oleh mereka.

7. Suara Ultrasonik

Selain bau yang kuat, cicak juga takut dengan suara ultrasonik. Suara ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang sangat tinggi–20 kiloHertz–sehingga tidak bisa didengar oleh telinga manusia. Suara ultrasonik terus-menerus akan sangat mengganggu cicak sehingga mereka tidak nyaman dan segera pergi dari area dimana suara ultrasonik terdengar.

8. Mendinginkan Ruangan

Tidak seperti mamalia, cicak dan hewan reptil lainnya tidak bisa mengatur suhu tubuh mereka. Selain itu, mereka juga tidak suka tinggal di area yang terlalu dingin.

Karena itu, Anda dapat memanfaatkan kelemahan cicak ini dengan mendinginkan ruangan. Setidaknya, aturlah suhu ruangan Anda menjadi sekitar 22℃. Meski begitu, cara ini agak memakan biaya karena Anda memerlukan AC atau pendingin ruangan yang bisa dengan cepat menurunkan suhu.

9. Perangkap/Trap Glue

Cara membasmi cicak dari rumah Anda yang paling mudah adalah dengan memasang perangkap. Anda dapat menggunakan trap glue atau lem tikus yang kuat untuk menjebak cicak.

Letakkan kardus yang sudah diolesi lem tikus di area yang sering dilewati cicak. Agar semakin efektif, letakkan umpan makanan seperti lalat, semut, atau sisa makanan di perangkap tersebut. Setelah tertangkap, buang cicak jauh-jauh agar tidak kembali lagi ke rumah Anda.

Demikianlah cara membasmi cicak yang berada di dalam atau sekitar rumah Anda. Semoga informasi di dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.


Referensi:

https://www.indiatoday.in/information/story/how-to-get-rid-of-lizards-at-home-check-here-1729864-2020-10-09

https://www.99.co/blog/singapore/7-effective-ways-to-get-rid-of-lizards/

https://nakita.grid.id/read/0228279/6cara-sederhana-ini-ampuh-mengusir-cicak-dari-rumah?page=all

Tentang Penulis

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Tambah Komentar

Let's Plant a Tree

Urban Pest ID

Hewan pengganggu yang kita sebut "hama" hadir karena ulah manusia. Jauh sebelum ekspansi manusia mereka bagian dari ekosistem. Mari bijak menyikapi hama dengan saling berbagi informasi!

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe