Let's Plant a Tree

Tips Merawat Produk Berbahan Kulit Asli

T

Produk kulit asli seperti tas, dompet, sepatu dan jaket disukai banyak orang. Walaupun harga produk berbahan kulit asli terbilang mahal namun ada saja penggemar kulit yang rela mengorek kocek lebih dalam untuk membeli produk berbahan kulit asli. Hal ini dikarenakan produk kulit memiliki tekstur bahan yang kuat, kualitas yang tinggi, dan tahan lama/ awet sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membeli produk kulit asli yang baru, hal ini setimpal dengan harga yang kita bayar. Selain itu, produk berbahan kulit asli juga menambah kesan elegan dan vintage terhadap pemakainya.

Ilustrasi Gambar

Meskipun produk berbahan kulit asli memiliki umur yang Panjang bukan berarti kita tidak merawatnya. Produk berbahan organis seperti kulit, suede dan nubuck memang memiliki treatment khusus dalam merawat produk berbahan ini agar tetap terlihat indah dan baik. Jika kita tidak merawat dan menjaganya dengan baik, maka produk berbahan kulit asli yang kita beli mahal ini akan bisa cepat rusak dari semestinya.Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk merawat produk berbahas kulit asli.

Penyimpanan

Ilustrasi Tempat Penyimpanan Sepatu
Ilustrasi Tempat Penyimpanan Tas

Hal pertama dalam melakukan perwatan produk kulit adalah memerhatikan tempat lokasi penyimpanan. Tempat penyimpanan produk kulit sebaiknya diletakkan ditempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jika produk kulitmu berupa pakaian seperti jaket, alangkah lebih baiknya untuk tidak dilipat, hal ini akan menimbulkan corak lipatan permanen pada produk kulitmu yang akan memberikan tampilan tidak bagus bagi jaket kulitmu.  Bisa digantung dengan menggunakan hanger. Selain itu pastikan juga tempat penyimpanannya tidak lembab, karna akan menimbulkan jamuran dan lumutan, hal ini akan menurunkan kualitas dan tampilan produk kulit. Begitupun untuk produk berbahan kulit yang lain seperti tas dan sepatu. Untuk produk kulit berupa tas bisa menambahkan volume tas dengan lipatan kertas, koran atau spons kedalam tas untuk mencegah lipatan, kerutan dan berdampak pada bentuk tas.

Tambahkan Silica Gel/Kamper

Ilustrasi Silica Gel
Ilustrasi Kamper/Kapur Barus

Setelah mengetahui produk kulit untuk tidak menyimpannya di tempat yang lembab, maka hal berikut yang dapat dilakukan untuk memkasimalkannya adalah dengan menambahkan Silica Gel atau Kamper kedalam tas/sepatu atau bisa digantung didalam lemari. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut pada produk kulit kita. Namun dapat juga dilakukan dengan membuka sesekali  lemari/rak tempat penyimpanan produk kulit kita atau meletakkan produk kulit kita ditampat terbuka agar terkena angin (tetapi tidak dijemur).

Jangan Mengeringkan dibawah Sinar Matahari atau dengan Pengering Rambut

Ilustrasi Membersihkan Jaket Kulit
Ilustrasi Membersihkan Tas dengan lap bersih dan lembut

Apabila produk kulitmu basah alangkah baiknya dikeringkan dengan menggunakan koran, tisu, atau lap kering. Biarkan tiga jenis bahan itu menyerap air dipermukaan produk kulitmu. Jika sudah cukup menghilang kandungan airnya, kita bisa meletakkan produk kulit kita diluar ruangan agar terkena angin. Jangan sesekali mengeringkannya dengan menjemur dibawah sinar matahari langsung dan dengan pengering rambut, karena hal tersebut justru akan memperburuk kualitas produk kulitmu yang membuat produk kulitmu menjadi kering dan retak, sehingga kelenturan produk kulitmu berkurang.

Pembersihan

Ilustrasi Membersihkan Produk Kulit dengan Pembersihan dengan pH Netral
Ilustrasi Membersihkan Tas Kullit dengan Pembersih ber-pH Netral

Hal yang bisa merusak produk kulit seperti tas,dompet dan lainnya adalah noda,debu, keringat bahkan menyebabkan kehilangan warna aslinya. Maka produk pembersih harus sesuai jika tidak ingin merusak produk kulit kita. Untuk membersihkan bisa menggunakan Sampo bayi yang dilarutkan dalam segelas air, ingat gunakan produk pembersih dengan pH netral. Membersihkan produk kulit dapat dilakukan dua kali dalam setahun jika produk kulit tidak terlalu kotor.

Persiapan ini dilakukan dengan kain lembab dan diusap di permukaan kulit. Setiap sisi harus digunakan kain yang berbeda. Anda juga bisa menggunakan kondisioner yang sudah diformulasikan khusus untuk produk kulit. Gunakan kondisioner dengan pH netral untuk membantu set pewarna. Hindari kondisioner yang memiliki basis berminyak karena barang tersebut tidak akan menembus bawah permukaan kulit, sehingga kulit tidak akan terproteksi sempurna. hati-hati dengan penggunakan conditioner bertuliskan “compound”. karena hal tersebut menunjukkan bahwa produk conditioner tersebut berbasis minyak bumi dan mungkin bisa menggelapkan warna asli kulit. Jika kulit terdapat jamur, jangan gunakan larutan berbasis alkohol atau pemutih – ini sangat akan mengeringkan kulit.

Bersihkan kotoran yang menempel pada produk kulit kita hingga diarea tersembunyi. Pastikan membersihkannya dengan mengelap secara halus, tidak kasar. Karena jika membersihkan dengan kasar akan membuat kotoran makin kepori kulit yang terdalam, dan ini akan lebih menyulitkan untuk membersihkannya. Jika produk kulit kita terlalu kotor, dianjurkan untuk dibawa ketempat pembersih kulit professional. Tidak dianjurkan untuk menggunakan sikat ketika membersihkan kulit/membuatnya mengkilap, karena hal ini dikhawatirkan dapat menggores produk kulit kita.

Perawatan

Ilustrasi Perawatan Tas kulit dengan Membersihkan hingga ke sela-sela Aksesoris
Ilustrasi Membersihkan Tas kulit dengan Kain lap yang lembut dan bersih

Setelah proses pembersihan dan benar-benar kering, selanjutnya untuk membuat produk kulit kita terlihat lembut, mengkilap, dan terlihat seperti baru lagi, maka dapat menggunakan cairan-cairan khusus untuk bahan kulit. Seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kedua jenis minyak ini dapat digunakan untuk mengolesi ke seluruh permukaan produk kulit kita. Selain itu dapat juga menggunakan moisutizer seperti Vaseline, lotion, atau baby oil yang bagus bagi kulit dan tentunya untuk produk berbahan kulit yang menjaga kelenturan kulit sehingga terhindar dari kondisi kering dan berujung retak-retak.

Tentang Penulis

Putri Ariyanti

Ibu rumah tangga merangkap guru keliling area Denpasar dan sekitar.

1 Komentar

Let's Plant a Tree

Putri Ariyanti

Ibu rumah tangga merangkap guru keliling area Denpasar dan sekitar.

Get in touch

Sekarang kita ada dalam revolusi teknologi. Bahkan saat ini tren memberikan kasih sayang, dan perhatian sudah bergeser tidak lewat ekspresi melainkan lewat ujung jari. Lewat like, double tab, dan juga subscribe